Kompetensi Inti
|
Kompetensi Dasar Penyempurnaan
|
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
|
1.1 Menghayati
nilai-nilai keimanan kepada Malaikat-malaikat Allah SWT
1.2 Berpegang
teguh kepada Al-Quran, Hadits dan Ijtihad sebagai pedoman hidup
1.3 Meyakini
kebenaran hukum Islam
1.4 Berpakaian
sesuai dengan ketentuan syariat Islam dalam kehidupan sehari-hari
|
2.
Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama,
cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian
dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
2.1 Menunjukkan
perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari sebagai implementasi dari
pemahaman Q.S. Al-Maidah
(5):
8,
dan Q.S.
At-Taubah (9):
119
dan hadits terkait
2.2 Menunjukkan
perilaku hormat dan patuh kepada orangtua dan guru sebagai implementasi dari
pemahaman Q.S. Al-Isra (17): 23 dan hadits terkait
2.3 Menunjukkan
perilaku kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan), dan
persaudaraan (ukhuwah) sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Anfal (8):
72; Q.S. Al-Hujurat (49): 12 dan 10 serta hadits yang terkait
2.4 Menunjukkan
perilaku menghindarkan diri dari pergaulan bebas dan perbuatan zina sebagai
implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. An-Nur (24): 2,
serta hadits yang terkait
2.5 Menunjukkan
sikap semangat menuntut ilmu dan menyampaikannya kepada sesama sebagai
implementasi dari pemahaman Q.S. At-Taubah (9): 122 dan hadits terkait
2.6 Menunjukkan
sikap keluhuran budi, kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakkal dan perilaku
adil sebagai implementasi dari pemahaman Asmaul Husna al-Kariim,
al-Mu’min, al-Wakiil, al-Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl, dan al-Akhiir
2.7 Menunjukkan
sikap tangguh dan semangat menegakkan kebenaran sebagai implementasi dari
pemahaman strategi dakwah Nabi di Mekah
2.8 Menunjukkan
sikap semangat ukhuwah sebagai implementasi dari pemahaman strategi dakwah
Nabi di Madinah
|
3.
Memahami, menerapkan dan
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan
kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
|
3.1
Menganalisis Q.S. Al-Anfal (8) : 72); Q.S. Al-Hujurat (49) :
12; dan QS Al-Hujurat (49) : 10; serta hadits tentang kontrol diri (mujahadah
an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan), dan persaudaraan (ukhuwah)
3.2
Memahami manfaat dan hikmah kontrol diri (mujahadah an-nafs),
prasangka baik (husnuzzhan) dan persaudaraan (ukhuwah), dan menerapkannya
dalam kehidupan
3.3
Menganalisis Q.S. Al-Isra’ (17) : 32, dan Q.S. An-Nur (24) :
2, serta hadits tentang larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina.
3.4
Memahami manfaat dan hikmah larangan pergaulan bebas dan
perbuatan zina.
3.5
Memahami makna Asmaul Husna: al-Kariim, al-Mu’min, al-Wakiil,
al-Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl, dan al-Akhiir;
3.6
Memahami makna beriman kepada malaikat-malaikat Allah SWT
3.7
Memahami Q.S. At-Taubah (9): 122 dan hadits terkait tentang semangat
menuntut ilmu, menerapkan dan menyampaikannya kepada sesama;
3.8
Memahami kedudukan Alquran, Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber
hukum Islam
3.9
Memahami pengelolaan wakaf
3.10.1. Memahami
substansi dan strategi dakwah Rasullullah saw. di Mekah
3.10.2. Memahami
substansi dan strategi dakwah Rasulullah saw. di Madinah
|
4
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah
keilmuan.
|
4.1.1 Membaca Q.S.
Al-Anfal (8):
72); Q.S.
Al-Hujurat (49):
12; dan Q.S. Al-Hujurat (49) : 10,
sesuai dengan kaidah
tajwid dan makhrajul
huruf.
4.1.2 Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Al-Anfal (8) : 72); Q.S.
Al-Hujurat (49) : 12; QS Al-Hujurat (49) : 10 dengan lancar.
4.2.1 Membaca Q.S.
Al-Isra’ (17):
32, dan Q.S.
An-Nur (24):
2 sesuai dengan kaidah
tajwid dan makhrajul
huruf.
4.2.2 Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Al-Isra’ (17) : 32, dan Q.S.
An-Nur (24): 2 dengan lancar.
4.3
Berperilaku yang mencontohkan keluhuran budi, kokoh pendirian,
pemberi rasa aman, tawakal dan perilaku adil sebagai implementasi dari
pemahaman makna Asmaul Husna al-Kariim, al-Mu’min, al-Wakiil, al-Matiin,
al-Jaami’, al-‘Adl, dan al-Akhiir
4.4
Berperilaku yang mencerminkan kesadaran beriman kepada
malaikat-malaikat Allah SWT
4.5
Menceritakan tokoh-tokoh teladan dalam semangat mencari ilmu
4.6
Menyajikan macam-macam sumber
hukum Islam
4.7.1 Menyajikan dalil tentang ketentuan wakaf
4.7.2 Menyajikan pengelolaan wakaf
4.8.1 Mendeskripsikan
substansi dan strategi dakwah Rasullullah SAW di Mekah
4.8.2 Mendeskripsikan
substansi dan strategi dakwah Rasulullah SAW di Madinah
|
Download file selengkapnya di sini
No comments:
Post a Comment