Sunday 4 September 2016

Modul guru pembelajar SMP mapel Matematika, IPA, IPS, Bahasa Inggris

D. Ruang Lingkup

Modul ini memuat tiga kegiatan pembelajaran sebagai berikut.
  1. Kegiatan Pembelajaran-1 (KP-1): Analisis muatan kompetensi dasar dan tujuan mata pelajaran Matematika SMP
  2. Kegiatan Pembelajaran-2 (KP-2): Pengembangan IPK dalam pembelajaran Matematika SMP
  3. Kegiatan Pembelajaran-3 (KP-3): Pemilihan dan penataan materi/bahanpembelajaran Matematika SMP
Kegiatan pembelajaran dengan topik satu mengajak Anda untuk lebih mampu mengidentifikasi fokus tujuan mata pelajaran Matematika SMP yang hendak dicapai melalui pembelajaran suatu KD.

Kegiatan pembelajaran dengan topik dua mengajak Anda untuk lebih memahami dan terampil mengembangan IPK yang sesuai dengan karakteristik siswa dan tujuan mata pelajaran Matematika SMP.

Kegiatan pembelajaran dengan topik tiga mengajak Anda untuk memahami pentingnya memilih materi/bahan pembelajaran matematika yang sesuai dengan pengalaman belajar siswa dan tujuan mata pelajaran Matematika SMP serta menatanya agar sesuai dengan pendekatan yang dipilih dan karakteristik siswa.

E. Saran Cara Penggunaan Modul

Berikut ini beberapa saran untuk Anda dalam belajar dengan modul ini.
  1. Modul ini merupakan bahan belajar untuk memfasilitasi Anda dalammeningkatkan pemahaman dan keterampilan mengembangkan IPK MatematikaSMP, memilih dan menata materi pembelajaran.
  2. Setiap kegiatan pembelajaran memuat komponen: Tujuan, Indikator Pencapaian Kompetensi, Uraian Materi, Aktivitas Pembelajaran, Latihan/ Kasus /Tugas,Rangkuman, Umpan Balik dan Tindak Lanjut, Kunci Jawaban/Petunjuk Penyelesaian Kasus/Tugas.
  3. Ketika mempelajari modul ini hendaknya Anda telah mempelajari dan memahami modul lain yang membahas tentang Karakteristik Siswa, Teori Belajar Matematika SMP, Model Pembelajaran Matematika, Pengembangan Kurikulum Matematika SMP dan Penilaian (Instrumen Penilaian).




MODUL GURU PEMBELAJAR MATEMATIKA SMP

MODUL GURU PEMBELAJAR IPA HAL SELANJUTNYA

[next]


A. Latar Belakang

Upaya pengembangan keprofesionalan berkelanjutan (PKB) pendidik IPA telah dan sedang dilakukan secara terus-menerus, baik terhadap guru yang telah memenuhi persyaratan perundang-undangan maupun kepada guru yang belum.

Keseluruhan upaya ini dilakukan untuk menyesuaikan dengan perubahan-perubahan yang kini sedang terjadi dan perkembangan IPTEK yang sesuai dengan norma dan nilai yang ada di dalam masyarakat.

Guru sebagai seorang profesional, dituntut selalu belajar sepanjang hidup untukmeningkatkan atau mengembangkan diri terus menerus dalam upaya memenuhi tuntutan dalam tugasnya dan mengikuti perubahan-perubahan yang terjadi di lingkungannya. Kemampuan guru untuk meneliti akan meningkatkan kinerjadalam profesinya sebagai pendidik.

Secara operasional, hal yang terkait pada kinerja profesional guru adalah melakukan perbaikan pembelajaran secara terus menerus berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas atau catatan pengalaman kelas dan/atau catatan perbaikan terhadap pembelajaran yang telah dilakukannya.

Mengacu pada Permendiknas nomor 16 tahun 2007, keterampilan melakukan penelitian tindakan kelas ini termasuk kompetensi inti pedagogi
 “Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran”. 
Pada Modul Guru Pembelajar Kelompok Kompetensi C ini disajikan materi tentang Pendekatan-Pendekatan pada Pembelajaran IPA. Di dalam modul, sajian materi diawali dengan uraian pendahuluan, kegiatan pembelajaran dan diakhri dengan evaluasi agar guru melakukan self assesment sebagai tolak ukur untuk mengetahui keberhasilan diri sendiri.





MODUL GURU PEMBELAJAR IPA

MODUL GURU PEMBELAJAR BAHASA INGGRIS HAL SELANJUTNYA

[next]


A.Tujuan

Setelah menyelesaikan materi dalam kegiatan pembelajaran ini, peserta diklat diharapkan mampu meningkatkan kemampuan dalam memahami kebijakan Kemdikbud dalam hal PKB dan PKG

B.Indikator Pencapaian Kompetensi

  • Memahami penilaian keprofesian berkelanjutan 
  • Memahami penilaian kinerja guru

C.Uraian Materi

Kebijakan pemerintah dalam pembinaan dan pengembangan profesi guru diprioritaskan untuk pengembangan keprofesian berkelanjutan sebagaimana diamanatkan dalam Undang-undang Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen yang telah ditindaklanjuti dengan ditetapkannya Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 35 Tahun 2010 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya Salah satu bagian penting dalam penetapan jabatan fungsional guru dan penetapan angka kreditnya adalah Penilaian Kinerja Guru (PK Guru).

PK Guru dimaksudkan untuk menjaga profesionalitas guru dalam melaksanakan tugasnya, disamping itu PK Guru juga berdampak pada pembinaan karir,peningkatan kompetensi, dan pemberian tunjangan profesi guru.






MODUL GURU PEMBELAJAR BAHASA INGGRIS
KELOMPOK KOMPETENSI D
KELOMPOK KOMPETENSI E
KELOMPOK KOMPETENSI F
KELOMPOK KOMPETENSI G
KELOMPOK KOMPETENSI H
KELOMPOK KOMPETENSI I
KELOMPOK KOMPETENSI J        

MODUL GURU PEMBELAJAR IPS HAL SELANJUTNYA

[next]


A. Tujuan Pembelajaran

Tujuan disusunnya modul diklat ini sebagai panduan belajar bagi guru IPS dalam memahami pembelajaran Ilmu Pengetahuan Pembelajaran (IPS). Tujuan lain ditulisnya modul ini untuk memberikan pencerahan tentang konsep, karakteristik,tujuan, konsep pembelajaran terpadu dalam IPS. Manfaat dari naskah ini adalah dapat digunakan sebagai salah satu referensi atau pedoman dalam mengembangkan pembelajaran IPS di SMP.

Secara khusus, tujuan ditulisnya naskah ini agar para peserta diklat IPS dapat menjelaskan konsep IPS, karakteristik IPS, tujuan pembelajaran IPS, konsep pembelajaran terpadu dalam IPS, lingkup materi IPS

B. Indikator Pencapaian Kompetensi

Setelah mempelajari modul ini dan pengerjaan tugas serta latihan, para guru dan tenaga pendidik lainnya yang mengikuti diklat IPS dapat:

  1. menjelaskan konsep IPS
  2. mengidentifikasi karakteristik pembelajaran IPS
  3. memahami tujuan pembelajaran IPS
  4. menjabarkan konsep pembelajaran terpadu dalam IPS
  5. menjabarkan lingkup materi atau muatan IPS







MODUL GURU PEMBELAJAR IPS
KELOMPOK KOMPETENSI B
------------------------------------------
KELOMPOK KOMPETENSI F
KELOMPOK KOMPETENSI G
KELOMPOK KOMPETENSI I     
KELOMPOK KOMPETENSI J



No comments:

Post a Comment