Modul ini terdiri atas 4 (empat) unit modul yang masing-masing membahas materi yang saling berkaitan satu sama lain, terdiri atas:
Unit 1: Analisis Dokumen : SKL, KI-KD, Silabus, dan Pedoman Mata pelajaran
Bagian ini membahas tentang analisis keterkaitan SKL, KI-KD, dan Silabus kaitannya dengan penentuan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) dan materi pokok sebagai bahan pembelajarandan penilaian dalam rangka pencapaian Kompetensi Dasar (KD). Unit 1 ini merupakan uraian awal untuk membahas unit-unit berikutnya.
Unit 2: Analisis Materi Dalam Buku Teks Pelajaran
Membahas tentang langkah-langkah penjabaran materi pembelajaran berdasarkan hasil analisis dalam Unit 1, sehingga Anda dapat menganalisis merancang materi pembelajaran sesuai dengan materi pokok (dalam KD). Selain itu dalam bagian ini dibahas tentang bagaimana Anda dapat mengembangkan materi yang berkaitan dengan muatan lokal, materi yang dapat diaktualisasikan
dalam kegiatan kepramukaan, serta materi-materi yang dapat mendorong peserta didik untuk memiliki keterampilan berpikir tingkat tinggi atau Higher Order Thinking Skills (HOTS).
Dalam unit ini juga dibahas tentang analisis materi dalam buku teks pelajaran, sehingga Anda dapat memilih atau memilah materi-materi mana yang merupakan materi esensial, materi untuk pengayaan, atau materi yang berkaitan dengan muatan lokal atau HOTS (jika ada).
Hasil analisis materi tersebut menjadi acuan dalam penyusunan bahan ajar. Bahan ajar yang telah disusun merupakan lampiran RPP.
Unit 3: Analisis Penerapan Model Pembelajaran
Membahas tentang karakteristik dan prinsip pembelajaran Kurikulum 2013 serta penerapannya
dalam kegiatan pembelajaran. Selain itu, dibahas juga tentang pemilihan model yang cocok dengan karakteristik KD atau materi pembelajaran serta contoh kegiatan pembelajarannya.
Unit 4: Analisis Penilaian Hasil Belajar
Bagian ini membahas tentang proses penilaian mencakup perencanaan, pelaksanaan, dan analisis
hasil belajar peserta didik. Analisis hasil belajar peserta didik pada bagian ini bertujuan untuk memperbaiki kompetensi peserta didik dalam suatu pembelajaran sehingga guru dapat menyusun program remedial atau pengayaan serta perbaikan proses pembelajaran berikutnya
BAHASA INDONESIA
KURIKULUM 2013
|
PEMBELAJARAN AKTIF
|
PENUMBUHAN BUDI
PEKERTI
|
DINAMIKA
PERKEMBANGAN KURIKULUM
|
PENGUATAN LITERASI
SEKOLAH
|
KEMITRAAN SEKOLAH
|
PELATIHAN DAN
PENDAMPINGAN BERBASIS SEKOLAH
|
MATERI POKOK
IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013
MAPEL BAHASA INDONESIA
|
Materi Sejarah, Bahasa Inggris di halaman selanjutnya dibawah
[next]
Uraian Singkat Materi
1. Pengembangan Materi Pembelajaran
Setelah merinci aspek kemampuan berpikir pada KD-3 dan KD-4, maka Anda harus mengembangkan materi pokok yang terurai dalam IPK yang telah ditentukan pada Unit 1.
Contoh:
Berdasarkan IPK yang dijabarkan dari KD 3.4 dan KD 4.4 pada Unit 1, dapat diidentifikasi materi pokok sebagai berikut.
- a. Pengertian permintaan dan penawaran
- b. Faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran
- c. Fungsi permintaan dan penawaran
- d. Hukum permintaan dan penawaran
- e. Kurva permintaan dan penawaran
- f. Proses terbentuknya keseimbangan pasar
- g. Pergeseran kurva
- h. Elastisitas permintaan dan penawaran
- i. Pengertian pasar
- j. Peran pasar dalam perekonomian
- k. Jenis pasar berdasarkan bentuk dan struktur
- l. Peran iptek terhadap perubahan jenis dan struktur pasar
Pengembangan materi pembelajaran secara rinci disesuaikan dengan karakterististik kompetensi atau kemampuan berpikir yang diharapkan dikuasai peserta didik. Oleh sebab itu, maka guru perlu memperhatikan “bahan dasar” atau kompetensi awal sebagai tahapan berpikir yang telah dipelajari peserta didik sebelumnya, baik di SMA maupun di SMP.
Selain itu dalam menetukan materi pembelajaran Anda harap memperhatikan konten materi mana yang berupa pengetahuan tentang fakta, konsep, prosedur, dan meta kognitif dan keempatnya tidak menunjukkan urutan hierarki.
Contoh:
Fakta bilamana harga bawang merah turun, jumlah permintaan terhadap bawang merah meningkat.
Konsep hukum permintaan menyatakan bilamana harga turun, maka jumlah barang yang diminta akan meningkat.
Untuk Mapel dibawah ini semua file sama dengan mapel Bahasa Indonesia, hanya terdapat perbedaan materi Pokok setiap mapel Seperti dibawah sesuai dengan bidang studi masing - masing.
MATERI SEJARAH,
BAHASA INGGRIS, SENI BUDAYA, PJOK, PRAKARYA, EKONOMI DAN SOSIOLOGI
IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013
|
No comments:
Post a Comment