Thursday, 11 September 2014

Perangkat IPA SMP / MTs Kelas VII Kurikulum 2013

Contoh RPP IPA SMP / MTs Kelas VII Kurikulum 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
BESARAN DAN PENGUKURAN

Satuan Pendidikan      : SMP/MTs
Mata Pelajaran            : IPA
Kelas / Semester          : VII / 1
Sub Materi Pokok       : Besaran dan Pengukuran   
Alokasi Waktu            : 20 x 40 menit

A.  KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

1.1 Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
 Indikator:
1) mengagumi  besaran dan pengukuran sebagai keteraturan ciptaan Tuhan

2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari
Indikator:   
1) memiliki rasa ingin tahu
2) menunjukkan sikap jujur, teliti, cermat, tekun, kritis, tanggung jawab, dan peduli lingkungan dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok

2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
       Indikator:
1) menghargai hasil kerja individu dalam kelompok dan kelompok lain
2) memberi penilaian hasil karya kelompok secara objektif



2.3 Menunjukkan perilaku bijaksana dan bertanggungjawab dalam aktivitas sehari-hari
       Indikator:
1)      menjaga kebersihan alat dan ruang yang digunakan dalam percobaan


3.1 Memahami konsep pengukuran berbagai besaran yang ada pada diri, makhluk hidup, dan lingkungan fisik sekitar sebagai bagian dari observasi, serta pentingnya perumusan satuan terstandar (baku) dalam pengukuran
Indikator:
1)         mengidentifikasikan besaran pokok dan besaran turunan dalam kehidupan sehari-hari
2)         menggunakan sistem (satuan) internasional untuk menyatakan suatu besaran
3)         mengkonversi satuan besaran pokok panjang, massa, dan waktu
4)         mengukur besaran pokok dengan satuan baku dan tak baku
5)         mengukur besaran pokok dan turunan menggunakan alat ukur yang sesuai.

4.1 Menyajikan hasil pengukuran terhadap besaran-besaran pada diri, makhluk hidup, dan lingkungan fisik dengan menggunakan satuan tak baku dan satuan baku
Indikator: 
1)        mengolah dan menyajikan data serta menarik kesimpulan tentang hasil pengukuran panjang dengan satuan baku dan tak baku
2)        mengolah dan menyajikan data serta menarik kesimpulan tentang hasil pengukuran massa, waktu, dan suhu
3)        mengolah dan menyajikan data serta menarik kesimpulan tentang hasil pengukuran pada makhluk hidup.     

B. TUJUAN PEMBELAJARAN
Diberikan kesempatan melakukan  percobaan pengukuran Besaran Pokok dan Besaran Turunan, peserta didik:
1.        menunjukkan kekaguman terhadap  Ciptaan Tuhan Yang Mahaesa
2.         menunjukkan perilaku ilmiah : menunjukkan sikap jujur, teliti, cermat, tekun, kritis, tanggung jawab, dan peduli lingkungan dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok dalam aktivitas sehari-hari.
3.        dapat menghargai hasil kerja individu dalam kelompok dan kelompok lain, serta memberi penilaian hasil karya kelompok secara objektif

Pertemuan Pertama:
Melalui kegiatan diskusi dan kerja kelompok, peserta didik;
1.        mengidentifikasikan besaran-besaran dalam kehidupan sehari-hari dan mengelompokkannya ke dalam besaran pokok dan besaran turunan
2.        menggunakan sistem (satuan) internasional dalam menyatakan besaran
3.        mengkonversi satuan panjang, massa, dan waktu

Pertemuan Kedua:
Diberikan penggaris, dan buku, peserta didik dapat
4.        mengukur besaran panjang dengan satuan baku dan tak baku secara baik dan benar

Diberikan jangka sorong, mikrometer skrup, baterai, gelas kosong, kawat tembaga, dan kertas, peserta didik dapat;
5.        mengukur diameter luar dan panjang sebuah baterai, diameter luar, diameter dalam, dan kedalaman lubang sebuah gelas dengan menggunakan jangka sorong.

6.        mengukur diameter sebuah kawat tembaga, dan tebal kertas sampul dan kertas dalam sebuah buku tulis dengan mikrometer skrup.


RPP IPA SMP / MTs Kelas VII Kurikulum 2013


Silabus  IPA SMP / MTs Kelas VII Kurikulum 2013


2 comments: