RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
BESARAN
DAN PENGUKURAN
Satuan Pendidikan : SMP/MTs
Mata Pelajaran : IPA
Kelas / Semester : VII / 1
Sub Materi Pokok : Besaran dan Pengukuran
Alokasi Waktu : 20 x 40 menit
A. KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR
1.1 Mengagumi keteraturan dan
kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam
ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam
pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
Indikator:
1) mengagumi besaran dan pengukuran sebagai keteraturan ciptaan
Tuhan
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah
(memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati;
bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan)
dalam aktivitas sehari-hari
Indikator:
1) memiliki rasa ingin tahu
2) menunjukkan sikap jujur, teliti,
cermat, tekun, kritis, tanggung jawab, dan peduli lingkungan dalam belajar dan
bekerja baik secara individu maupun berkelompok
2.2
Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai
wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
Indikator:
1) menghargai hasil kerja individu
dalam kelompok dan kelompok lain
2) memberi penilaian hasil karya
kelompok secara objektif
2.3 Menunjukkan
perilaku bijaksana dan bertanggungjawab dalam aktivitas sehari-hari
Indikator:
1)
menjaga kebersihan alat dan
ruang yang digunakan dalam percobaan
3.1 Memahami
konsep pengukuran berbagai besaran yang ada pada diri, makhluk hidup, dan
lingkungan fisik sekitar sebagai bagian dari observasi, serta pentingnya
perumusan satuan terstandar (baku) dalam pengukuran
Indikator:
1)
mengidentifikasikan
besaran pokok dan besaran turunan dalam kehidupan sehari-hari
2)
menggunakan sistem
(satuan) internasional untuk menyatakan suatu besaran
3)
mengkonversi satuan besaran
pokok panjang, massa, dan waktu
4)
mengukur besaran pokok dengan
satuan baku dan tak baku
5)
mengukur besaran pokok
dan turunan menggunakan alat ukur yang sesuai.
4.1
Menyajikan hasil pengukuran terhadap besaran-besaran pada diri, makhluk hidup,
dan lingkungan fisik dengan menggunakan satuan tak baku dan satuan baku
Indikator:
1)
mengolah dan menyajikan
data serta menarik kesimpulan tentang hasil pengukuran panjang dengan satuan
baku dan tak baku
2)
mengolah dan menyajikan
data serta menarik kesimpulan tentang hasil pengukuran massa, waktu, dan suhu
3)
mengolah dan menyajikan
data serta menarik kesimpulan tentang hasil pengukuran pada makhluk hidup.
B. TUJUAN PEMBELAJARAN
Diberikan
kesempatan melakukan percobaan pengukuran Besaran Pokok dan Besaran
Turunan, peserta didik:
1.
menunjukkan
kekaguman terhadap Ciptaan Tuhan Yang
Mahaesa
2.
menunjukkan
perilaku ilmiah : menunjukkan sikap
jujur, teliti, cermat, tekun, kritis, tanggung jawab, dan peduli lingkungan
dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok dalam aktivitas sehari-hari.
3.
dapat menghargai
hasil kerja individu dalam kelompok dan kelompok lain, serta memberi penilaian
hasil karya kelompok secara objektif
Pertemuan Pertama:
Melalui kegiatan diskusi dan kerja kelompok, peserta
didik;
1.
mengidentifikasikan
besaran-besaran dalam kehidupan sehari-hari dan mengelompokkannya ke dalam
besaran pokok dan besaran turunan
2.
menggunakan sistem
(satuan) internasional dalam menyatakan besaran
3.
mengkonversi satuan
panjang, massa, dan waktu
Pertemuan Kedua:
Diberikan penggaris, dan buku, peserta didik dapat
4.
mengukur besaran panjang
dengan satuan baku dan tak baku secara baik dan benar
Diberikan jangka sorong, mikrometer skrup, baterai, gelas
kosong, kawat tembaga, dan kertas, peserta didik dapat;
5.
mengukur diameter luar
dan panjang sebuah baterai, diameter luar, diameter dalam, dan kedalaman lubang
sebuah gelas dengan menggunakan jangka sorong.
6.
mengukur diameter
sebuah kawat tembaga, dan tebal kertas sampul dan kertas dalam sebuah buku
tulis dengan mikrometer skrup.
RPP IPA SMP / MTs Kelas VII
Kurikulum 2013
|
Silabus IPA SMP / MTs Kelas VII
Kurikulum 2013
|
Ijin download.. thanks.
ReplyDeleteizin download yaaa
ReplyDelete