KONSEP PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU
- Model pembelajaran tematik terpadu (PTP) atau integrated thematic instruction (ITI) pertama kali dikembangkan pada awal tahun 1970-an
- PTP diyakini sebagai salah satu model pengajaran yang efektif (highly effective teaching model),
- Pembelajaran Tematik Terpadu mampu mewadahi dan menyentuh secara terpadu dimensi emosi, fisik, dan akademik
- secara empirik berhasil memacu percepatan dan meningkatkan kapasitas memori peserta didik (enhance learning and increase long-term memory capabilities of learners) untuk waktu yang panjang
Pembelajaran Tematik Integratif
- Pembelajaran tematik integratif /terintegrasi (integrated thematic instruction, ITI) asalnya dikonseptualisasikan tahun 1970an. Pendekatan pembelajaran ini awalnya dikembangkan untuk anak-anak berbakat dan bertalenta (gifted and talented), cerdas, pada program perluasan belajar, dan yang belajar cepat.
Kelebihan Pembelajaran Tematik Integratif
- Premis utama PTP bahwa peserta didik memerlukan peluang tambahan (additional opportunities) untuk menggunakan talentanya,
- menyediakan waktu bersama yang lain untuk secara cepat mengkonseptualisasi dan mensintesis.
- relevan untuk mengakomodasi kualitatif lingkungan belajar.
- menginspirasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman belajar.
- Memiliki perbedaan kualitatif (qualitatively different) dengan model pembelajaran lain, karena sifatnya memandu peserta didik mencapai kemampuan berpikir tingkat tinggi (higher levels of thinking) atau keterampilan berpikir dengan mengoptimasi kecerdasan ganda (multiple thinking skills), sebuah proses inovatif bagi pengembangan dimensi sikap, keterampilan dan pengetahuan.
Manfaat Pendekatan Tematik Terpadu
- Suasana kelas yang nyaman dan menyenangkan.
- Menggunakan kelompok kerjasama, kolaborasi, kelompok belajar, dan strategi pemecahan konflik yang mendorong peserta didik untuk memecahkan masalah
- Mengoptimasi lingkungan belajar sebagai kunci kelas yang ramah otak (brain-friendly classroom).
Download Tematik SD ( Sekolah dasar )
Kurikulum 2013
|
No comments:
Post a Comment