Monday 15 August 2016

Modul guru IN mapel Kimia SMA Kelompok kompetensi A, B, C, D, E, F, G, H, I, J

A. Latar Belakang
  • Guru merupakan tenaga profesional yang bertugas merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran, menilai hasil pembelajaran, melakukan pembimbingan dan pelatihan. 

  • Untuk melaksanakan tugas tersebut, guru dituntut mempunyai empat kompetensi yang mumpuni, yaitu kompetensi pedagogik, profesional, sosial dan kepribadian. 

  • Agar kompetensi guru tetap terjaga dan meningkat. Guru mempunyai kewajiban untuk selalu memperbaharui dan meningkatkan kompetensinya melalui kegiatan pengembangan keprofesian

  • berkelanjutan sebagai esensi pembelajar seumur hidup. Untuk bahan belajar (learning material) guru, dikembangkan modul yang menuntut guru belajar lebih mandiri dan aktif.

  • Modul yang berjudul “Perancangan Eksperimen Kimia dan Kimia Nanoteknologi” merupakan modul untuk kompetensi profesional guru pada kelompok kompetensi J. Materi pada modul dikembangkan berdasarkan kompetensi profesional guru pada Permendiknas nomor 16 tahun 2007.

  • Setiap materi bahasan dikemas dalam kegiatan pembelajaran yang memuat tujuan, indikator pencapaian kompetensi, uraian materi, aktivitas pembelajaran, latihan/tugas, rangkuman, umpan balik dan tindak lanjut.

  • Di dalam modul kelompok kompetensi J ini, pada bagian pendahuluan diinformasikan tujuan secara umum yang harus dicapai oleh guru pembelajar setelah mengikuti kegiatan. Peta kompetensi yang harus dikuasai guru pada kelompok kompetensi J, ruang lingkup, dan saran penggunaan modul. Setelah guru mempelajari modul ini diakhiri dengan evaluasi untuk pengujian diri. 





  1. Modul guru pembelajar mapel Kimia SMA  A
  2. Modul guru pembelajar mapel Kimia SMA  B
  3. Modul guru pembelajar mapel Kimia SMA  C
  4. Modul guru pembelajar mapel Kimia SMA  D
  5. Modul guru pembelajar mapel Kimia SMA  E
  6. Modul guru pembelajar mapel Kimia SMA  F
  7. Modul guru pembelajar mapel Kimia SMA  G
  8. Modul guru pembelajar mapel Kimia SMA  H
  9. Modul guru pembelajar mapel Kimia SMA  I
  10. Modul guru pembelajar mapel Kimia SMA  J

2 comments: