Tuesday, 6 September 2016

KI dan KD Fisika SMA kurikulum 2013 permendikbud 24 Lampiran 8

8. KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR FISIKA SMA/MA
KELAS: X
Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut  dicapai  melalui  proses  pembelajaran  intrakurikuler,  kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.
Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu, “Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian  dari  solusi  atas  berbagai  permasalahan  dalam  berinteraksi  secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan  dan  pengembangan  kompetensi  sikap  dilakukan  sepanjang proses pembelajaran berlangsung dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut ini.

3.2   Menerapkan prinsip-prinsip
pengukuran besaran fisis,
ketepatan, ketelitian dan
angka penting, serta notasi
ilmiah
4.2    Menyajikan hasil pengukuran
besaran fisis berikut ketelitiannya
dengan menggunakan peralatan
dan teknik yang tepat serta
mengikuti kaidah angka penting
untuk suatu penyelidikan ilmiah
3.3   Menerapkan prinsip
penjumlahan vektor sebidang
(misalnya perpindahan)
4.3   Merancang percobaan untuk
menentukan resultan vektor
sebidang (misalnya perpindahan)
beserta presentasi hasil dan makna
fisisnya
3.4    Menganalisis besaran-besaran
fisis pada gerak lurus dengan
kecepatan konstan (tetap) dan
gerak lurus dengan percepatan
konstan (tetap) berikut
penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari
misalnya keselamatan lalu
lintas
4.4    Menyajikan data dan grafik hasil
percobaan gerak benda untuk
menyelidiki karakteristik gerak
lurus dengan kecepatan konstan
(tetap) dan gerak lurus dengan
percepatan konstan (tetap) berikut
makna fisisnya
3.5     Menganalisis gerak parabola
dengan menggunakan vektor,
berikut makna fisisnya  dan
penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari
4.5    Mempresentasikan data hasil
percobaan gerak parabola dan
makna fisisnya
3.6    Menganalisis besaran fisis
pada gerak melingkar dengan
laju konstan (tetap)  dan
penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari
4.6    Melakukan percobaan berikut
presentasi hasilnya tentang gerak
melingkar, makna fisis dan
pemanfaatannya
3.7   Menganalisis interaksi pada
gaya serta hubungan antara
gaya, massa dan gerak lurus
benda serta penerapannya
dalam kehidupan sehari-hari
4.7    Melakukan percobaan berikut
presentasi hasilnya terkait gaya
serta hubungan gaya, massa dan
percepatan dalam gerak lurus
benda dengan  menerapkan  metode
ilmiah
3.8   Menganalisis keteraturan
gerak planet dan satelit dalam
tatasurya berdasarkan
hukum-hukum Newton
4.8    Menyajikan karya mengenai gerak
satelit buatan yang mengorbit bumi,
pemanfaatan dan dampak yang
ditimbulkannya dari penelusuran
berbagai sumber informasi
3.9    Menganalisis konsep energi,
usaha (kerja), hubungan usaha
(kerja) dan perubahan energi,
hukum kekekalan energi, serta
penerapannya dalam peristiwa
sehari-hari
4.9    Menerapkan metode ilmiah untuk
mengajukan gagasan  penyelesaian
masalah gerak dalam kehidupan
sehari-hari, yang berkaitan dengan
konsep energi, usaha (kerja) dan
hukum kekekalan energi
3.10  Menerapkan konsep
momentum dan impuls, serta
hukum kekekalan momentum
dalam kehidupan sehari-hari
4.10  Menyajikan hasil pengujian
penerapan hukum kekekalan
momentum, misalnya bola jatuh
bebas ke lantai dan roket sederhana

KELAS: XI
Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut  dicapai  melalui  proses  pembelajaran  intrakurikuler,  kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.
Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu, “Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian  dari  solusi  atas  berbagai  permasalahan  dalam  berinteraksi  secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolahdengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Penumbuhan  dan  pengembangan  kompetensi  sikap  dilakukan  sepanjang proses pembelajaran berlangsung dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut ini. 

3.2    Menganalisis sifat elastisitas bahan
dalam kehidupan sehari hari
4.2    Melakukan percobaan tentang
sifat elastisitas suatu bahan
berikut presentasi hasil
percobaan dan
pemanfaatannya
3.3    Menerapkan hukum-hukum fluida
statik dalam kehidupan sehari-
hari
4.3    Merancang dan melakukan
percobaan yang memanfaatkan
sifat-sifat fluida statik, berikut
presentasi  hasil percobaan
dan pemanfaatannya
3.4    Menerapkan prinsip fluida dinamik
dalam teknologi
4.4    Membuat dan menguji  proyek
sederhana yang menerapkan
prinsip dinamika fluida
3.5    Menganalisis pengaruh kalor dan
perpindahan kalor yang meliputi
karakteristik termal suatu bahan,
kapasitas, dan konduktivitas kalor
pada kehidupan sehari-hari
4.5    Merancang dan melakukan
percobaan tentang
karakteristik termal suatu
bahan, terutama terkait
dengan kapasitas dan
konduktivitas kalor, beserta
presentasi  hasil percobaan
dan pemanfatannya
3.6    Menjelaskan teori kinetik gas dan
karakteristik gas pada ruang
tertutup
4.6    Menyajikan karya yang
berkaitan dengan  teori kinetik
gas dan makna fisisnya
3.7    Menganalisis perubahan keadaan
gas ideal dengan menerapkan
hukum Termodinamika
4.7    Membuat karya/model
penerapan hukum I dan II
Termodinamika berikut
presentasi makna fisisnya
3.8    Menganalisis karakterisitik
gelombang mekanik
4.8    Melakukan percobaan tentang
salah satu  karakteristik
gelombang mekanik berikut
presentasi hasilnya
3.9    Menganalisis besaran-besaran fisis
gelombang berjalan dan gelombang
stasioner pada berbagai kasus
nyata
4.9    Melakukan percobaan
gelombang berjalan dan
gelombang stasioner, beserta
presentasi hasil percobaan dan
makna fisisnya
3.10  Menerapkan konsep dan prinsip
gelombang bunyi dan cahaya
dalam teknologi
4.10  Melakukan percobaan tentang
gelombang bunyi dan/atau
cahaya, berikut presentasi
hasil percobaan dan makna
fisisnya misalnya sonometer,
dan kisi difraksi
3.11   Menganalisis cara kerja alat optik
menggunakan sifat pemantulan
dan pembiasan cahaya oleh cermin
dan lensa
4.11  Membuat karya yang
menerapkan prinsip
pemantulan dan/atau
pembiasan pada cermin dan
lensa
3.12  Menganalisis gejala pemanasan
global dan dampaknya bagi
kehidupan serta lingkungan
4.12  Mengajukan ide/gagasan
penyelesaian masalah
pemanasan global sehubungan
dengan gejala dan dampaknya
bagi kehidupan serta
lingkungan




No comments:

Post a Comment