KELAS: X
Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi,
yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan
(4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler,
kokurikuler, dan/ atau ekstrakurikuler.
Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual yaitu “Menghayati dan
mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu
“Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan proaktif; sebagai bagian dari
solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia”.
Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak
langsung (indirect teaching),
yaitu melalui keteladanan, pembiasaan,
dan budaya sekolah;
dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan
dan pengembangan kompetensi
sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung dan dapat
digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi
Keterampilan dirumuskan sebagai berikut ini.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4
(KETERAMPILAN)
|
3. Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingintahunya
tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan
masalah.
|
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji
dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu
menggunakan metode sesuai
kaidah keilmuan.
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.1 Mendeskripsikan
konsep ilmu
ekonomi.
|
4.1 Mengidentifikasi kelangkaan dan
biaya peluang dalam memenuhi
kebutuhan.
|
3.2 Menganalisis
masalah ekonomi
dalam sistem ekonomi.
|
4.2 Menyajikan hasil analisis masalah
ekonomi dalam sistem ekonomi.
|
KELAS: XI
Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi,
yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan
(4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler,
kokurikuler, dan/ atau ekstrakurikuler.
Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual yaitu “Menghayati dan
mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu
“Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan proaktif; sebagai bagian dari
solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”.
Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah; dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”.
Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah; dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan
dan pengembangan kompetensi
sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung dan dapat
digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi
Keterampilan dirumuskan sebagai berikut ini.
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.2 Menganalisis konsep pertumbuhan
ekonomi dan pembangunan
ekonomi serta permasalahan dan
cara mengatasinya.
|
4.2 Menyajikan hasil temuan
permasalahan pertumbuhan
ekonomi dan pembangunan
ekonomi
serta cara mengatasinya.
|
3.3 Menganalisis
permasalahan
ketenagakerjaan dalam
pembangunan ekonomi.
|
4.3 Menyajikan hasil
analisis masalah
ketenagakerjaan dalam
pembangunan ekonomi dan cara
mengatasinya.
|
3.4 Menganalisis
indeks harga dan
inflasi.
|
4.4 Menyajikan hasil analisis indeks
harga dan inflasi.
|
3.5 Menganalisis
kebijakan moneter
dan kebijakan fiskal.
|
4.5 Menyajikan hasil analisis kebijakan
moneter dan kebijakan fiskal.
|
3.6 Menganalisis APBN
dan APBD
dalam pembangunan ekonomi.
|
4.6 Menyajikan hasil analisis fungsi
dan peran APBN dan APBD dalam
pembangunan ekonomi.
|
3.7 Menganalisis perpajakan dalam
pembangunan ekonomi.
|
4.7 Menyajikan hasil analisis fungsi
dan peran pajak dalam
pembangunan ekonomi.
|
3.8 Mendeskripsikan
kerja sama
ekonomi internasional.
|
4.8 Menyajikan bentuk dan manfaat
kerja sama ekonomi internasional.
|
3.9 Menganalisis konsep dan kebijakan
perdagangan internasional.
|
4.9 Menyajikan hasil analisis dampak
kebijakan perdagangan
internasional.
|
No comments:
Post a Comment