KELAS: X
Kompetensi
Sikap Spiritual, Kompetensi Sikap
Sosial, Kompetensi Pengetahuan, dan
Kompetensi Keterampilan secara keseluruhan dirumuskan sebagai berikut, yaitu siswa mampu:
KOMPETENSI INTI 1 (SIKAP SPIRITUAL)
|
KOMPETENSI INTI 2 (SIKAP SOSIAL)
|
1. menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya
|
2. menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, bertanggung jawab, peduli
(gotong royong, kerja sama, toleran,
damai), santun, responsif, dan pro-
aktif sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta
menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.1 terbiasa membaca al-Qur’an dengan
meyakini bahwa kontrol diri
(mujahadah an-nafs), prasangka
baik (husnuzzan), dan
persaudaraan (ukhuwah) adalah
perintah agama
|
2.1 menunjukkan perilaku kontrol diri
(mujahadah
an-nafs), prasangka
baik (husnuz-zan), dan
persaudaraan (ukhuwah) sebagai
implementasi perintah Q.S. al-
Hujurat/49: 10 dan 12 serta Hadis
terkait
|
1.2 meyakini bahwa pergaulan bebas
dan zina adalah dilarang agama
|
2.2 menghindarkan diri dari pergaulan
bebas dan perbuatan zina sebagai
pengamalan Q.S. al-Isra’/17: 32,
dan Q.S. an-Nur /24: 2, serta
Hadis terkait
|
1.3 meyakini bahwa Allah Maha Mulia,
Maha Mengamankan, Maha
Memelihara, Maha Sempurna
Kekuatan-Nya, Maha Penghimpun,
Maha Adil, dan Maha Akhir
|
2.3 memiliki sikap keluhuran budi;
kokoh pendirian, pemberi rasa
aman, tawakal dan adil sebagai
implementasi pemahaman al-
Asmau al-Husna: Al-Karim, Al-
Mu’min, Al-Wakil, Al- Matin, Al-
Jami’, Al-‘Adl, dan Al-Akhir
|
1.4 meyakini keberadaan malaikat-
malaikat Allah SWT
|
2.4 menunjukkan sikap disiplin, jujur
dan bertanggung jawab, sebagai
implementasi beriman kepada
malaikat-malaikat Allah Swt.
|
1.5 terbiasa berpakaian sesuai dengan
syariat Islam
|
2.5 menunjukkan perilaku berpakaian
sesuai dengan syariat Islam
|
1.6 meyakini bahwa jujur adalah
ajaran pokok agama
|
2.6 menunjukkan perilaku jujur dalam
kehidupan sehari-hari
|
1.7 meyakini bahwa menuntut ilmu
adalah perintah Allah dan Rasul-
Nya
|
2.7 memiliki sikap semangat keilmuan
sebagai implementasi pemahaman
Q.S. at-Taubah/9: 122 dan Hadis
terkait
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.2 menganalisis Q.S. al-Isra’/17: 32,
dan Q.S. an-Nur/24 : 2, serta Hadis
tentang larangan pergaulan bebas
dan perbuatan zina
|
4.2.1 membaca Q.S. al-Isra’/17: 32, dan
Q.S. an-Nur/24:2 sesuai dengan
kaidah tajwid dan makharijul huruf
4.2.2 mendemonstrasikan hafalan Q.S.
al-Isra’/17: 32, dan Q.S. an-
Nur/24:2 dengan fasih dan
lancar
4.2.3 menyajikan
keterkaitan antara
larangan berzina dengan berbagai
kekejian (fahisyah) yang
ditimbulkannya dan perangai yang
buruk (saa-a sabila) sesuai pesan
Q.S. al-Isra’/17: 32 dan Q.S. an-
Nur/24:2
|
3.3 menganalisis makna al-Asma’u al-
Husna: al-Karim, al-Mu’min, al-
Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl,
dan al-Akhir
|
4.3 menyajikan hubungan makna-
makna al-Asma’u al-Husna: al-
Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin,
al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir
dengan perilaku keluhuran budi,
kokoh pendirian, rasa aman,
tawakal dan perilaku adil
|
3.4 menganalisis makna beriman
kepada malaikat-malaikat Allah
Swt.
|
4.4 menyajikan hubungan antara
beriman kepada malaikat-malaikat
Allah Swt. dengan perilaku teliti,
disiplin, dan waspada
|
3.5 menganalisis ketentuan berpakaian
sesuai syariat Islam
|
4.5 menyajikan keutamaan tatacara
berpakaian sesuai syariat Islam
|
3.6 menganalisis manfaat kejujuran
dalam kehidupan sehari-hari
|
4.6 menyajikan kaitan antara contoh
perilaku jujur dalam kehidupan
sehari-hari dengan keimanan
|
3.7 menganalisis semangat menuntut
ilmu, menerapkan, dan
menyampaikannya kepada sesama
|
4.7 menyajikan kaitan antara
kewajiban menuntut ilmu, dengan
kewajiban membela agama sesuai
perintah Q.S. at-Taubah/9: 122 dan
Hadis terkait
|
3.8 menganalisis kedudukan al-Qur’an,
Hadis, dan ijtihad
sebagai sumber
hukum Islam
|
4.8 mendeskripsikan macam-macam
sumber hukum Islam
|
3.9 menganalisis hikmah ibadah haji,
zakat, dan wakaf bagi individu dan
masyarakat
|
4.9 menyimulasikan ibadah haji, zakat,
dan wakaf
|
3.10 menganalisis
substansi, strategi,
dan penyebab keberhasilan dakwah
Nabi Muhammad saw. di Makkah
|
4.10
menyajikan keterkaitan antara
substansi dan strategi dengan
keberhasilan dakwah Nabi
Muhammad saw. di Makkah
|
3.11
menganalisis substansi, strategi,
dan keberhasilan dakwah Nabi
Muhammad saw. di Madinah
|
4.11 menyajikan keterkaitan antara
substansi dan strategi dengan
keberhasilan dakwah Nabi
Muhammad saw. di Madinah
|
KELAS: XI
Kompetensi
Sikap Spiritual, Kompetensi Sikap
Sosial, Kompetensi Pengetahuan, dan
Kompetensi Keterampilan secara keseluruhan dirumuskan sebagai berikut, yaitu siswa mampu:
KOMPETENSI INTI 1 (SIKAP SPIRITUAL)
|
KOMPETENSI INTI 2 (SIKAP SOSIAL)
|
1. menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya
|
2. menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, bertanggung jawab, peduli
(gotong royong, kerja sama, toleran,
damai), santun, responsif, dan pro-
aktif sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta
menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.1 terbiasa membaca al-Qur’an dengan
meyakini bahwa taat pada aturan,
kompetisi dalam kebaikan, dan etos
kerja sebagai perintah agama
|
2.1 bersikap taat aturan, tanggung
jawab, kompetitif dalam kebaikan
dan kerja keras sebagai
implementa-si dari pemahaman
Q.S. al Maidah/5: 48; Q.S. an-
Nisa/4: 59; dan Q.S. at-Taubah /9:
105 serta Hadis yang terkait
|
1.2 meyakini bahwa agama
mengajarkan toleransi, kerukunan,
dan menghindarkan diri dari tindak
kekerasan
|
2.2 bersikap toleran, rukun, dan
menghindarkan diri dari tindak
kekerasan sebagai implementasi
pemahaman Q.S. Yunus /10 : 40-41
dan Q.S. al-Maidah/5 : 32, serta
Hadis terkait
|
1.3 meyakini adanya kitab-kitab suci
Allah Swt.
|
2.3 peduli kepada orang lain dengan
saling menasihati sebagai cerminan
beriman kepada kitab-kitab Allah
Swt.
|
1.4 meyakini adanya rasul-rasul Allah
Swt.
|
2.4 menunjukkan perilaku saling
menolong sebagai cerminan
beriman kepada rasul-rasul Allah
Swt.
|
1.5 meyakini bahwa Islam mengharus-
kan umatnya untuk memiliki sifat
syaja’ah (berani membela
kebenaran) dalam mewujudkan
kejujuran
|
2.5 menunjukkan sikap syaja’ah
(berani membela kebenaran) dalam
mewujudkan kejujuran
|
1.6 meyakini bahwa hormat dan patuh
kepada orangtua dan guru sebagai
kewajiban agama
|
2.6 menunjukkan perilaku hormat dan
patuh kepada orangtua dan guru
sebagai implementasi pemahaman
Q.S. al-Isra’/17: 23 dan Hadis
terkait
|
1.7 menerapkan penyelenggaraan
jenazah sesuai dengan ketentuan
syariat Islam
|
2.7 menunjukkan sikap tanggung
jawab dan kerja sama dalam
penyelenggaraan jenazah di
masyarakat
|
No comments:
Post a Comment