Tuesday 6 September 2016

KI dan KD Pendidikan Agama Islam PAI SMA kurikulum 2013 permendikbud 24 Lampiran 40

40. KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
      DAN BUDI PEKERTI SMA/MA/SMK/MAK

KELAS: X
Kompetensi    Sikap    Spiritual,    Kompetensi    Sikap    Sosial,    Kompetensi Pengetahuan, dan Kompetensi Keterampilan secara keseluruhan dirumuskan sebagai berikut, yaitu siswa mampu:


KOMPETENSI INTI 1 (SIKAP SPIRITUAL)
KOMPETENSI INTI 2 (SIKAP SOSIAL)
1.      menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya
2.      menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, bertanggung jawab, peduli
(gotong royong, kerja sama, toleran,
damai), santun, responsif, dan pro-
aktif sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta
menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia
KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
1.1    terbiasa membaca al-Qur’an dengan
meyakini bahwa kontrol diri
(mujahadah an-nafs), prasangka
baik (husnuzzan), dan
persaudaraan (ukhuwah) adalah
perintah agama
2.1     menunjukkan perilaku kontrol diri
(mujahadah an-nafs), prasangka
baik (husnuz-zan), dan
persaudaraan (ukhuwah) sebagai
implementasi perintah Q.S. al-
Hujurat/49: 10 dan 12 serta Hadis
terkait
1.2    meyakini bahwa pergaulan bebas
dan zina adalah dilarang agama
2.2     menghindarkan diri dari pergaulan
bebas dan perbuatan zina sebagai
pengamalan Q.S. al-Isra’/17: 32,
dan Q.S. an-Nur /24:  2, serta
Hadis terkait
1.3    meyakini bahwa Allah Maha Mulia,
Maha Mengamankan, Maha
Memelihara, Maha Sempurna
Kekuatan-Nya, Maha Penghimpun,
Maha Adil, dan Maha Akhir
2.3     memiliki sikap keluhuran budi;
kokoh pendirian, pemberi rasa
aman, tawakal dan adil sebagai
implementasi pemahaman al-
Asmau al-Husna: Al-Karim, Al-
Mu’min, Al-Wakil, Al- Matin, Al-
Jami’, Al-‘Adl, dan Al-Akhir
1.4    meyakini keberadaan malaikat-
malaikat Allah SWT
2.4     menunjukkan sikap disiplin, jujur
dan bertanggung jawab, sebagai
implementasi beriman kepada
malaikat-malaikat Allah Swt.
1.5    terbiasa berpakaian sesuai dengan
syariat Islam
2.5     menunjukkan perilaku berpakaian
sesuai dengan syariat Islam
1.6    meyakini bahwa jujur adalah
ajaran pokok agama
2.6     menunjukkan perilaku jujur dalam
kehidupan sehari-hari
1.7    meyakini bahwa menuntut ilmu
adalah perintah Allah dan Rasul-
Nya
2.7     memiliki sikap semangat keilmuan
sebagai implementasi pemahaman
Q.S. at-Taubah/9: 122 dan Hadis
terkait


KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
3.2    menganalisis Q.S. al-Isra’/17: 32,
dan Q.S. an-Nur/24 : 2, serta Hadis
tentang larangan pergaulan bebas
dan perbuatan zina
4.2.1 membaca Q.S. al-Isra’/17: 32, dan
Q.S. an-Nur/24:2 sesuai dengan
kaidah tajwid dan makharijul huruf
4.2.2 mendemonstrasikan hafalan Q.S.
al-Isra’/17: 32, dan Q.S. an-
Nur/24:2 dengan fasih dan lancar
4.2.3  menyajikan keterkaitan antara
larangan berzina dengan berbagai
kekejian (fahisyah) yang
ditimbulkannya dan perangai yang
buruk (saa-a sabila) sesuai pesan
Q.S. al-Isra’/17: 32 dan Q.S. an-
Nur/24:2
3.3    menganalisis makna al-Asma’u al-
Husna: al-Karim, al-Mu’min, al-
Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl,
dan al-Akhir
4.3     menyajikan hubungan makna-
makna al-Asma’u al-Husna: al-
Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin,
al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir
dengan perilaku keluhuran budi,
kokoh pendirian, rasa aman,
tawakal dan perilaku adil
3.4    menganalisis makna beriman
kepada malaikat-malaikat Allah
Swt.
4.4     menyajikan hubungan antara
beriman kepada malaikat-malaikat
Allah Swt. dengan perilaku teliti,
disiplin, dan waspada
3.5    menganalisis ketentuan berpakaian
sesuai syariat Islam
4.5     menyajikan keutamaan tatacara
berpakaian sesuai syariat Islam
3.6    menganalisis manfaat kejujuran
dalam kehidupan sehari-hari
4.6     menyajikan kaitan antara contoh
perilaku jujur dalam kehidupan
sehari-hari dengan keimanan
3.7    menganalisis semangat menuntut
ilmu, menerapkan, dan
menyampaikannya kepada sesama
4.7     menyajikan kaitan antara
kewajiban menuntut ilmu, dengan
kewajiban membela agama sesuai
perintah Q.S. at-Taubah/9: 122 dan
Hadis terkait
3.8    menganalisis kedudukan al-Qur’an,
Hadis, dan  ijtihad sebagai sumber
hukum Islam
4.8     mendeskripsikan macam-macam
sumber hukum Islam
3.9    menganalisis hikmah ibadah haji,
zakat, dan wakaf bagi individu dan
masyarakat
4.9     menyimulasikan ibadah haji, zakat,
dan wakaf
3.10  menganalisis substansi, strategi,
dan penyebab keberhasilan dakwah
Nabi Muhammad saw. di Makkah
4.10  menyajikan keterkaitan antara
substansi dan strategi dengan
keberhasilan dakwah Nabi
Muhammad saw. di Makkah
3.11  menganalisis substansi, strategi,
dan keberhasilan dakwah Nabi
Muhammad saw. di Madinah
4.11   menyajikan keterkaitan antara
substansi dan strategi dengan
keberhasilan dakwah Nabi
Muhammad saw. di Madinah

KELAS: XI
Kompetensi    Sikap    Spiritual,    Kompetensi    Sikap    Sosial,    Kompetensi Pengetahuan, dan Kompetensi Keterampilan secara keseluruhan dirumuskan sebagai berikut, yaitu siswa mampu:


KOMPETENSI INTI 1 (SIKAP SPIRITUAL)
KOMPETENSI INTI 2 (SIKAP SOSIAL)
1.      menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya
2.      menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, bertanggung jawab, peduli
(gotong royong, kerja sama, toleran,
damai), santun, responsif, dan pro-
aktif sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta
menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia
KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
1.1    terbiasa membaca al-Qur’an dengan
meyakini bahwa taat pada aturan,
kompetisi dalam kebaikan, dan etos
kerja sebagai perintah agama
2.1     bersikap taat aturan, tanggung
jawab, kompetitif dalam kebaikan
dan kerja keras sebagai
implementa-si dari pemahaman
Q.S. al Maidah/5: 48; Q.S. an-
Nisa/4: 59; dan Q.S. at-Taubah /9:
105 serta Hadis yang terkait
1.2    meyakini bahwa agama
mengajarkan toleransi, kerukunan,
dan menghindarkan diri dari tindak
kekerasan
2.2     bersikap toleran, rukun, dan
menghindarkan diri dari tindak
kekerasan sebagai implementasi
pemahaman Q.S. Yunus /10 : 40-41
dan Q.S. al-Maidah/5 : 32, serta
Hadis terkait
1.3    meyakini adanya kitab-kitab suci
Allah Swt.
2.3     peduli kepada orang lain dengan
saling menasihati sebagai cerminan
beriman kepada kitab-kitab Allah
Swt.
1.4    meyakini adanya rasul-rasul Allah
Swt.
2.4     menunjukkan perilaku saling
menolong sebagai cerminan
beriman kepada rasul-rasul Allah
Swt.
1.5    meyakini bahwa Islam mengharus-
kan umatnya untuk memiliki sifat
syaja’ah (berani membela
kebenaran) dalam mewujudkan
kejujuran
2.5     menunjukkan sikap syaja’ah
(berani membela kebenaran) dalam
mewujudkan kejujuran
1.6    meyakini bahwa hormat dan patuh
kepada orangtua dan guru sebagai
kewajiban agama
2.6     menunjukkan perilaku hormat dan
patuh kepada orangtua dan guru
sebagai implementasi pemahaman
Q.S. al-Isra’/17: 23 dan Hadis
terkait
1.7    menerapkan penyelenggaraan
jenazah sesuai dengan ketentuan
syariat Islam
2.7     menunjukkan sikap tanggung
jawab dan kerja sama dalam
penyelenggaraan jenazah di
masyarakat



No comments:

Post a Comment