KELAS: X
Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi,
yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan
(4) keterampilan. Kompetensi tersebut
dicapai melalui proses
pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.
Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu, “Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”.
Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak
langsung (indirect teaching),
yaitu keteladanan, pembiasaan,
dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta
didik.
Penumbuhan
dan pengembangan kompetensi
sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat
digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik
lebih lanjut.
Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi
Keterampilan dirumuskan sebagai berikut ini.
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.3 Menyusun sistem persamaan linear
tiga variabel dari masalah kontekstual
|
4.3 Menyelesaikan masalah
kontekstual yang berkaitan dengan
sistem persamaan linear tiga
variable
|
3.4 Menjelaskan
dan menentukan
penyelesaian sistem pertidaksamaan dua
variabel (linear-kuadrat dan kuadrat-
kuadrat)
|
4.4 Menyajikan
dan menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan
sistem pertidaksamaan dua variabel
(linear-kuadrat dan kuadrat-kuadrat)
|
3.5 Menjelaskan dan menentukan
fungsi (terutama fungsi linear, fungsi
kuadrat, dan fungsi rasional) secara
formal yang meliputi notasi, daerah asal,
daerah hasil, dan ekspresi simbolik, serta
sketsa grafiknya
|
4.5 Menganalisa
karakteristik masing -
masing grafik (titik potong dengan
sumbu, titik puncak, asimtot) dan
perubahan grafik fungsinya akibat
transformasi f2(x), 1/f(x), |f(x)| dsb
|
3.6 Menjelaskan operasi komposisi
pada fungsi dan operasi invers pada
fungsi invers serta
sifat-sifatnya serta
menentukan eksistensinya
|
4.6 Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan operasi
komposisi dan operasi invers suatu
fungsi
|
3.7 Menjelaskan rasio trigonometri
(sinus, cosinus, tangen, cosecan, secan,
dan cotangen) pada segitiga siku-siku
|
4.7 Menyelesaikan masalah
kontekstual yang
berkaitan dengan
rasio trigonometri
(sinus, cosinus,
tangen,
cosecan, secan, dan
cotangen) pada segitiga siku-siku
|
3.8 Menggeneralisasi rasio trigonometri
untuk sudut-sudut di berbagai kuadran
dan sudut-sudut berelasi
|
4.8 Menyelesaikan masalah
kontekstual yang berkaitan dengan rasio
trigonometri sudut-sudut di berbagai
kuadran dan sudut-sudut berelasi
|
3.9 Menjelaskan aturan
sinus dan
cosinus
|
4.9 Menyelesaikan masalah
yang
berkaitan dengan aturan
sinus dan
cosinus
|
3.10 Menjelaskan fungsi trigonometri
dengan menggunakan lingkaran
satuan
|
4.10 Menganalisa perubahan
grafik
fungsi trigonometri akibat
perubahan pada
konstanta pada
fungsi y = a sin b(x + c) + d.
|
KELAS: XI
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.3 Menjelaskan matriks dan
kesamaan matriks dengan
menggunakan masalah
kontekstual dan melakukan
operasi pada matriks
yang meliputi
penjumlahan, pengurangan,
perkalian
skalar, dan perkalian,
serta transpose
|
4.3Menyelesaikan masalah kontekstual
yang berkaitan dengan matriks dan
operasinya
|
3.4Menganalisis sifat-sifat
determinan
dan invers matriks berordo 2×2 dan
3×3
|
4.4 Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan determinan dan
invers matriks berordo 2×2 dan 3×3
|
3.5 Menganalisis dan membandingkan
transformasi dan komposisi
transformasi dengan menggunakan
matriks
|
4.5Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan matriks
transformasi geometri (translasi,
refleksi, dilatasi dan rotasi)
|
3.6Menggeneralisasi pola bilangan dan
jumlah pada barisan
Aritmetika dan
Geometri
|
4.6 Menggunakan pola barisan aritmetika
atau geometri untuk menyajikan
dan menyelesaikan masalah
kontekstual (termasuk
pertumbuhan, peluruhan, bunga
majemuk, dan anuitas)
|
3.7 Menjelaskan limit fungsi aljabar
(fungsi polinom dan fungsi rasional)
secara intuitif dan sifat-sifatnya, serta
menentukan eksistensinya
|
4.7 Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan limit fungsi aljabar
|
3.8 Menjelaskan
sifat-sifat turunan
fungsi aljabar dan
menentukan
turunan fungsi aljabar
menggunakan definisi atau sifat-
sifat turunan fungsi
|
4.8 Menyelesaikan
masalah yang
berkaitan dengan turunan fungsi
aljabar
|
3.9 Menganalisis keberkaitanan
turunan pertama fungsi dengan
nilai maksimum, nilai minimum,
dan selang kemonotonan fungsi,
serta kemiringan garis singgung
kurva
|
4.9 Menggunakan turunan pertama
fungsi untuk menentukan titik
maksimum, titik minimum, dan
selang kemonotonan fungsi, serta
kemiringan garis singgung kurva,
persamaan garis singgung, dan
garis normal kurva berkaitan
dengan masalah kontekstual
|
3.10 Mendeskripsikan integral tak
tentu (anti
turunan) fungsi
aljabar dan
menganalisis sifat-
sifatnya
berdasarkan sifat-sifat
turunan fungsi
|
4.10 Menyelesaikan
masalah yang
berkaitan dengan integral tak tentu
(anti turunan) fungsi aljabar
|
No comments:
Post a Comment