- Mengacu pada kompetensi dasar (KD) yang memuat sikap, pengetahuan, dan keterampilan untuk mewujudkan ketercapaian Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (STPPA) yang mencakup nilai agama dan moral, motorik, kognitif, bahasa, social emosional dan seni.
- Memuat materi yang sesuai dengan KD dan dikaitkan dengan tema.
- Memilih kegiatan selaras dengan muatan/ materi pembelajaran
- Mengembangkan kegiatan main yang berpusat pada anak Menggunakan pembelajaran tematik
- Mengembangkan cara berfikir saintifik Berbasis budaya lokal dan memanfaatkan lingkungan alam sekitar, sebagai media bermain anak Menurunkan KD menjadi Materi/Muatan Ajar Pada pembelajaran PAUD hal yang terpenting adalah proses belajar yang menumbuhkan anak senang belajar, senang melakukan proses saintis, BUKAN menekankan pada penguasaan materi karena penilaian atau assessment pada program anak usia dini merujuk pada tahap perkembangan. Inilah keunikan kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini.
Oleh karena itu pendidik juga harus mampu menurunkan materi yang sesuai dengan Kompetensi Dasar. Perlunya Pemahaman Materi:
- Mengembangkan sikap, pengetahuan, dan keterampilan anak
- Memperluas pengalaman bermain yang bermakna
- Menumbuhkan minat belajar anak Langkah penyusunan materi:
- Pahami inti muatan dari setiap kompetensi dasar. Kemampuan apa yang diharapkan dari KD tersebut.
- Pahami keluasan cakupan materi yang termuat dalam KD
- Pahami kedalaman materi yang sesuai dengan tahap perkembangan anak.
- Sesuaikan dengan visi yang ingin diwujudkan dan Tujuan yang ingin dicapai pada anak didik selama belajar di Satuan TK Pembina Negeri.
- Tentukan prioritas materi yang mendukung pencapaian KD
PERANGKAT MENGAJAR GURU
PAUD
|
No comments:
Post a Comment