Thursday, 25 August 2016

Silabus RPP SMA KTSP Kur 13 dan kurtilas revisi bukan 2016

F. Skenario Pembelajaran
1. Kegiatan Awal 

a. Apersepsi

Guru mengingatkan dan mengembangkan pengetahuan siswa tentang kebutuhan siswa sendiri dan pengertian kebutuhan pada umumnya. Kemudian guru mempersilakan siswa memasuki ruang audio visual untuk melihat tayangan yang berhubungan dengan pemenuhan kebutuhan atau melakukan kunjungan ke pasar di daerah sekitar. Selama kegiatan tersebut, guru menghimbau siswa untuk mencatat hal-hal yang penting.


b. Motivasi

Pemenuhan kebutuhan adalah salah satu kegiatan ekonomi yang sangat mendasar. Pada pemenuhan kebutuhan, terlihat sikap seseorang dalam perencanaan perjalanan hidupnya.

2. Kegiatan Inti

Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

a. Siswa dapat mendeskripsikan pengertian kebutuhan.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);

Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

  • a. Siswa dikelompokkan menjadi enam kelompok, di mana masing-masing kelompok terdiri dari 5-6 orang (disesuaikan dengan jumlah siswa).(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
  • b. Kelompok pertama diberi tugas untuk mendeskripsikan pengertian kebutuhan.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
  • c. Kelompok kedua diberi tugas untuk mendeskripsikan jenis-jenis kebutuhan.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
  • d. Kelompok ketiga diberi tugas untuk mengidentifikasi hal-hal yang mempengaruhi kebutuhan.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
  • e. Kelompok keempat diberi tugas untuk mengidentifikasi pengertian benda pemuas kebutuhan.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
  • f. Kelompok kelima diberi tugas untuk mendeskripsikan macam-macam benda pemuas kebutuhan.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
  • g. Kelompok keenam diberi tugas untuk mendeskripsikan kegunaan benda pemuas kebutuhan.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
  • h. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
  • i. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);

Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:

  • a. Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
  • b. Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)

3. Kegiatan Akhir
  • a. Guru dan siswa melakukan refleksi. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
  • b. Penilaian. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
  • Tes lisan dengan beberapa pertanyaan (kognitif)
  • Lembar pengamatan (afektif)
  • Lembar pengamatan (psiko motorik)
  • c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku teks Ekonomi  (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);

G. Sumber dan Alat
Buku teks, OHP, spidol


SILABUS SMA KTSP
RPP KTSP SMA






SILABUS SMA KUR 13
RPP KUR 13 SMA
MAPEL WAJIB
MAPEL WAJIB
MAPEL PEMINATAN MATEMATIKA/ IPA
MAPEL PEMINATAN MATEMATIKA/ IPA
MAPEL PEMINATAN IPS
MAPEL PEMINATAN IPS


MAPEL PEMINATAN Bahasa Budaya
MAPEL PEMINATAN Bahasa Budaya




SILABUS SMA KUR 13
RPP KUR 13 SMA
R E V I S I bukan 2016
R E V I S I bukan 2016

No comments:

Post a Comment