Tuesday, 2 August 2016

Pedoman dan instrumen penilaian kinerja kepala sekolah

Berakhlak mulia, mengembangkan budaya dan tradisi akhlak mulia, dan menjadi teladan akhlak mulia bagi komunitas di sekolah/madrasah
  1. Melaksanakan ibadah sesuai dengan agama yang dianutnya
  2. Sikap dan perilaku keteladanan bagi warga sekolah
  3. Empati terhadap masalah yang dihadapi warga sekolah
  4. Kemampuan  mengembangkan budaya  senyum, salam, sapa, sopan, santun
  5. Pengakuan dari warga sekolah terhadap keteladanannya
  6. Melaksanakan tupoksi sebagai kepala sekolah dengan penuh kejujuran, ketulusan, komitmen, dan integritas.
  1. Berperan aktif dalam pelaksanaan program pemerintah dibidang sosial kemasyarakatan (contoh: donor darah, bencana alam dan lainnya)
  2. Berperan aktif dalam kegiatan sosial kemasyarakatan di lingkungan sekolah (contoh: gotong royong, kerja bakti kebersihan lingkungan)
  3. Berperan aktif  dalam kegiatan sosial kemasyarakatan di lingkungan tempat tinggal (contoh: pengurus RT, RW dan lainnya)
  4. Berperan aktif dalam kegiatan sosial kemasyarakatan berkaitan pelestarian lingkungan hidup"
  5. Bersikap terbuka dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi sebagai kepala sekolah/madrasah.
  1. Mampu merencanakan kerjasama dengan lembaga pemerintah, swasta dan masyarakat
  2. Mampu melakukan pendekatan dalam rangka memperoleh dukungan dari lembaga pemerintah,swasta,Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI),  dan masyarakat
  3. Mampu memelihara hubungan kerjasama dengan lembaga swasta, pemerintah dan masyarakat
  4. Mampu memanfaatkan dukungan masyarakat untuk meningkatkan SDM kependidikan yang profesional, manajemen yang efektif dan profesional, dan lingkungan pendidikan yang kondusif.

Bertindak sesuai dengan visi dan misi sekolah/madrasah.
  1. Mampu menyusun  program sekolah  sesuai dengan visi dan misi sekolah
  2. Mampu menerapkan program sekolah  sesuai dengan visi dan misi sekolah
  3. Mampu  mengambil keputusan dan berani  menghadapi tantangan/resiko untuk tercapainya visi dan  misi  sekolah                                                         
  4. Mampu  mengevaluasi program sekolah sesuai dengan visi dan misi sekolah                  

"Mampu merumuskan tujuan sekolah; yang  sesuai  prinsip SMART
  1. Specific (tujuan yang fokus pada pencapaian standar)
  2. Measurable (dapat diukur)
  3. Achievable (dapat dicapai)
  4. Realistic (berbasis kondisi nyata)
  5. Time bound (target waktu yang jelas)

Mengembangkan sekolah/madrasah menuju organisasi pembelajar (learning organization).
  1. Mampu merencanakan program pengembangan SDM
  2. Mampu melaksanakan program pengembangan SDM melalui berbagai cara :
    •    a) pelatihan
    •    b) seminar
    •    c) MGMP/MGP/KKG
    •    d) MKKS/KKKS/MKTAS
    •    e) studi lanjut


  3. Mampu melaksanakan Penelitian Tindakan Sekolah/Penelitian Tindakan Kelas
  4.  Mampu menciptakan  suasana sekolah yang mendorong semua warga sekolah untuk terus menerus belajar"
Download file selengkapnya :


No comments:

Post a Comment