- Melaksanakan ibadah sesuai dengan agama yang dianutnya
- Sikap dan perilaku keteladanan bagi warga sekolah
- Empati terhadap masalah yang dihadapi warga sekolah
- Kemampuan mengembangkan budaya senyum, salam, sapa, sopan, santun
- Pengakuan dari warga sekolah terhadap keteladanannya
- Melaksanakan tupoksi sebagai kepala sekolah dengan penuh kejujuran, ketulusan, komitmen, dan integritas.
- Berperan aktif dalam pelaksanaan program pemerintah dibidang sosial kemasyarakatan (contoh: donor darah, bencana alam dan lainnya)
- Berperan aktif dalam kegiatan sosial kemasyarakatan di lingkungan sekolah (contoh: gotong royong, kerja bakti kebersihan lingkungan)
- Berperan aktif dalam kegiatan sosial kemasyarakatan di lingkungan tempat tinggal (contoh: pengurus RT, RW dan lainnya)
- Berperan aktif dalam kegiatan sosial kemasyarakatan berkaitan pelestarian lingkungan hidup"
- Bersikap terbuka dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi sebagai kepala sekolah/madrasah.
- Mampu merencanakan kerjasama dengan lembaga pemerintah, swasta dan masyarakat
- Mampu melakukan pendekatan dalam rangka memperoleh dukungan dari lembaga pemerintah,swasta,Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI), dan masyarakat
- Mampu memelihara hubungan kerjasama dengan lembaga swasta, pemerintah dan masyarakat
- Mampu memanfaatkan dukungan masyarakat untuk meningkatkan SDM kependidikan yang profesional, manajemen yang efektif dan profesional, dan lingkungan pendidikan yang kondusif.
Bertindak sesuai dengan visi dan misi sekolah/madrasah.
- Mampu menyusun program sekolah sesuai dengan visi dan misi sekolah
- Mampu menerapkan program sekolah sesuai dengan visi dan misi sekolah
- Mampu mengambil keputusan dan berani menghadapi tantangan/resiko untuk tercapainya visi dan misi sekolah
- Mampu mengevaluasi program sekolah sesuai dengan visi dan misi sekolah
"Mampu merumuskan tujuan sekolah; yang sesuai prinsip SMART
- Specific (tujuan yang fokus pada pencapaian standar)
- Measurable (dapat diukur)
- Achievable (dapat dicapai)
- Realistic (berbasis kondisi nyata)
- Time bound (target waktu yang jelas)
Mengembangkan sekolah/madrasah menuju organisasi pembelajar (learning organization).
- Mampu merencanakan program pengembangan SDM
- Mampu melaksanakan program pengembangan SDM melalui berbagai cara :
- a) pelatihan
- b) seminar
- c) MGMP/MGP/KKG
- d) MKKS/KKKS/MKTAS
- e) studi lanjut
- Mampu melaksanakan Penelitian Tindakan Sekolah/Penelitian Tindakan Kelas
- Mampu menciptakan suasana sekolah yang mendorong semua warga sekolah untuk terus menerus belajar"
Download file selengkapnya :
No comments:
Post a Comment