Monday 18 July 2016

Silabus Ilmu pengetahuan alam SD kurikulum 2013 revisi 2016

Contoh :

Discovery dilakukan melalui pengamatan, klasifikasi, pengukuran, prediksi, penentuan dan merumuskan kesimpulan berdasarkan hasil pengamatan. 

Inquiry Based learning mengubah kondisi belajar yang pasif menjadi aktif dan kreatif, dari teacher centered  ke student centered. Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) menggunakan peristiwa atau permasalahan nyata dalam konteks peserta didik untuk belajar tentang berpikir kritis dan keterampilan memecahkan masalah, serta memperoleh pengetahuan   esensial dari Kompetensi Dasar. 

Dengan PBL, peserta didik mengembangkan keterampilan belajar sepanjang hayat termasuk kemampuan mendapatkan dan menggunakan sumber belajar. 


Sedangkan Project Based Learning atau PjBL memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menghasilkan karya tertentu dalam rangka menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Pembelajaran IPA melalui kerja ilmiah dimaksudkan untuk  membangun pengetahuan baru secara tidak langsung  yang akan membentuk keseimbangan antara kecakapan dan sikap ilmiah. Kompetensi IPA SD dicapai melalui pembelajaran tematik terpadu.

Selain menggunakan model-model pembelajaran tersebut, pembelajaran IPA dapat menggunakan metode pembelajaran sebagai berikut:
·           pengamatan langsung
·           eksperimen/percobaan
·           resitasi
·           diskusi
·           demonstrasi
·           penugasan

·           tanya jawab, dan lain-lain.

No comments:

Post a Comment