Contoh :
Discovery
dilakukan melalui pengamatan, klasifikasi, pengukuran, prediksi, penentuan dan merumuskan kesimpulan berdasarkan hasil pengamatan.
Inquiry Based learning mengubah kondisi belajar yang pasif menjadi
aktif dan kreatif, dari teacher centered
ke student centered. Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) menggunakan peristiwa atau
permasalahan nyata dalam konteks peserta didik untuk belajar tentang berpikir
kritis dan keterampilan memecahkan masalah, serta memperoleh pengetahuan esensial dari Kompetensi Dasar.
Dengan PBL,
peserta didik mengembangkan keterampilan belajar sepanjang hayat termasuk
kemampuan mendapatkan dan menggunakan sumber belajar.
Sedangkan Project Based Learning atau PjBL memberikan
kesempatan kepada peserta didik untuk menghasilkan karya tertentu dalam rangka
menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Pembelajaran IPA melalui
kerja ilmiah dimaksudkan untuk membangun
pengetahuan baru secara tidak langsung
yang akan membentuk keseimbangan antara kecakapan dan sikap ilmiah. Kompetensi IPA SD dicapai melalui
pembelajaran tematik terpadu.
Selain menggunakan model-model pembelajaran tersebut,
pembelajaran IPA dapat menggunakan metode pembelajaran sebagai berikut:
·
pengamatan langsung
·
eksperimen/percobaan
·
resitasi
·
diskusi
·
demonstrasi
·
penugasan
·
tanya jawab, dan lain-lain.
No comments:
Post a Comment