Saturday 30 July 2016

Perangkat RPP kelas 1 tema 3 SD kurikulum 2013 tahun 2016

Contoh isi :
A. Kompetensi Inti
  1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya. 
  2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga. 
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah. 
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia. 

B. Kompetensi Dasar dan Indikator

Tuesday 26 July 2016

Modul guru pembelajar mapel Biologi SMA 2016 kelompok kompetensi A, B, C, D, E, F, G, H , I, J

Peran guru profesional dalam proses pembelajaran sangat penting sebagai kunci keberhasilan belajar siswa. Guru profesional adalah guru yang kompeten membangun proses pembelajaran yang baik sehingga dapat menghasilkan pendidikan yang berkualitas.

Hal tersebut menjadikan guru sebagai komponen yang menjadi fokus perhatian pemerintah pusat maupun pemerintah daerah dalam meningkatan mutu pendidikan terutama menyangkut kompetensi guru.Pengembangan profesionalitas guru melalui program Guru Pembelajar merupakan upaya peningkatan kompetensi untuk semua guru. Sejalan dengan hal tersebut, pemetaan kompetensi guru telah dilakukan melalui uji kompetensi guru (UKG) untuk kompetensi pedagogik dan profesional pada akhir tahun 2015.

Thursday 21 July 2016

Kisi - kisi soal UKG seluruh mapel revisi

Download kisi soal UKG untuk menghadapi UKG 2016 agar bapak ibu siap dalam menghadapi dan mampu menyelesaikan dengan hasil baik.

Contoh kisi - kisi



Buku siswa dan Guru semua mapel SD, SMP, SMA kurikulum 2013 revisi 2014

Contoh Isi : 
  1. Karakterisktik Pembelajaran PJOK Pembelajaran merupakan proses yang interaktif antara guru dengan peserta didik. Pembelajaran melibatkan multi pendekatan denan menggunakan teknologi yang akan membantu memecahkan permasalahan faktual/ riil di dalam kelas. Ada tiga komponen dalam definisi pembelajaran, yaitu: pertama, pembelajaran adalah suatu proses, bukan sebuah produk, sehingga nilai tes dan tugas adalah ukuran pembelajaran, tetapi bukan proses pembelajaran. 

  2. Kedua, pembelajaran adalah perubahan dalam pengetahuan, keyakinan, perilaku/sikap. Perubahan ini memerlukan waktu, terutama ketika pembentukan keyakinan, perilaku dan sikap.Guru tidak boleh menafsirkan kekurangan peserta didik dalam pemahaman sebagai kekurangan dalam pembelajaran, karena mereka memerlukan waktu untuk mengalami perubahan. 

  3. Ketiga, Pembelajaran bukan sesuatu yang dilakukan kepada peserta didik, tetapi sesuatu yang mereka kerjakan sendiri. Kualitas pembelajaran PJOK dipengaruhi oleh empat komponen: peluang untuk belajar, konten yang sesuai, intruksi yang tepat, serta penilaian peserta didik dan pembelajaran. Pendidikan Jasmani mengandung makna pendidikan menggunakan aktivitas jasmani untuk menghasilkan peningkatan secara menyeluruh terhadap kualitas fisik, mental, dan emosional peserta didik. 

  4. Kata aktivitas jasmani mengandung makna pembelajaran adalah berbasis aktivitas fisik. Kata olahraga mengandung makna aktivitas jasmani yang dilakukan dengan tujuan untuk memelihara kesehatan dan memperkuat otot-otot tubuh. Kegiatan ini dapat dilakukan sebagai kegiatan yang menghibur, menyenangkan atau juga dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan prestasi. 

  5. Sementara kualitas fisik, mental dan emosional disini bermakna, pembelajaran PJOK membuat peserta didik memiliki kesehatan yang baik, kemampuan fisik, memiliki pemahaman yang benar, memiliki sikap yang baik tentang aktifitas fisik, sehingga sepanjang hidupnya mereka akan memiliki gaya hidup sehat dan aktif. 


Buku guru dan siswa SD, SMP, SMA kurikulum 2013 edisi revisi semua mapel

Tentang Buku Panduan Guru
Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas III
Buku Guru disusun untuk memudahkan para guru dalam melaksanakan pembelajaran
tematik terpadu. Buku ini mencakup hal-hal sebagai berikut.

  1. Jaringan tema yang memberi gambaran kepada guru tentang suatu tema yangmelingkupi beberapa Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator dari berbagai mata pelajaran.
  2. Tujuan pembelajaran yang akan dicapai pada setiap kegiatan pembelajaran.
  3. Kegiatan pembelajaran tematik terpadu untuk menggambarkan kegiatan pembelajaran yang menyatu dan mengalir.
  4.  Pengalaman belajar yang bermakna untuk membangun sikap dan perilaku positif, penguasaan konsep, keterampilan berpikir saintifik, berpikir tingkat tinggi,kemampuan menyelesaikan masalah, inkuiri, kreativitas, dan pribadi reflektif.
  5. Berbagai teknik penilaian siswa.
  6. Informasi yang menjadi acuan kegiatan remedial dan pengayaan.
  7. Kegiatan interaksi guru dan orang tua, yang memberikan kesempatan kepadaorang tua untuk ikut berpartisipasi aktif melalui kegiatan belajar siswa di rumah.
  8. Petunjuk penggunaan buku siswa.

Bahan Ajar ekonomi SMA powerpoint kurikulum 2013

Contoh Isi...

a. Benda Ekonomi

karena  sifatnya  terbatas  maka  untuk  mendapatkan benda  ekonomi  harus melalui  pengorbanan  tertentu. Misalnya jika  ingin memiliki sebuah baju, kita  harus membayar  dengan  uang. Kesediaan  mengeluarkan sejumlah  uang  merupakan  pengorbanan.

b. Benda Bebas

Benda  yang  banyak  tersedia di alam, sehingga kita dapat dengan bebas memanfaatkannya. Misalnya udara yang  kita  hirup, air  laut  yang  dimanfaatkan  untuk membuat  garam.
Barang mentah (bahan baku) merupakan barang yang belum diolah atau barang yang belum mengalami proses produksi.Contoh:

Barang setengah jadi merupakan barang yang telah mengalami proses produksi, tetapi belum menjadi barang produk akhir. Contoh: kapas → benang → kain

Wednesday 20 July 2016

Perangkat mengajar PAI SMP Kelas XI kurikulum 2013 revisi terbaru 2016

Contoh isi ...
Kompetensi inti

1.   Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

4.   Mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di madrasah dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.

Perangkat Silabus dan RPP Bimbingan konseling SMA Kelas XII

Contoh Isi :

Standar Kompetensi /Mencapai kematangan dalam beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME dengan cara bersyukur karena memiliki. Tugas Perkembangan aneka kemampuan diri Mencapai kematangan dalam gambaran dan sikap tentang kehidupan mandiri secara emosional , sosial,
intelektual dan ekonomi berdasarkan kemampuan diri yang dimiliki

Mencapai kematangan dalam mengembangkan penguasaan ilmu,teknologi, dan seni sesuai dengan program kurikulum dan persiapan karir atau melanjutkan pendidikan tinggi, serta berperan dalam kehidupan masyarakat yang lebih luas sesuai dengan kemampuan diri yang dimiliki

Indikator / Tujuan Layanan

Mengenal kemampuan umum yang dimiliki untuk dimanfaatkan semaksimal mungkin dalam rangka mengembangkan kemampuan intelektual dan pengetahuan yang diperlukan dalam hid upnya
Mengenal kemampuan khusus yang dimiliki untuk dimanfaatkan semaksimal mungkin dalam rangka mengembangkan kemampuan bakat yang diperlukan dalam hidupnya Menyadari arti penting keluarga dalam membentuk bakat seseorang

Perangkat Sejarah SMA kelas X, XI, XII kurikulum 2013 rev

Contoh isi dokumen :

Mengeksplorasi
1. Peserta didik mencari jawaban pertanyaan pre-test yang diberikan guru dengan membaca buku ajar dan buku referensi lain.
2. Peserta didik mengumpulkan informasi dari tanya jawab yang dilakukan dan melengkapinya dengan membaca buku ajar dan buku referensi terkait masa bercocok tanam dan masa perundagian.
3. Peserta didik berdiskusi atau melakukan kegiatan secara berkelompok untuk mengidentifikasi dan menganalisis ragam informasi yang diperoleh, kemudian dijadikan bahan untuk menyimpulkan (Sebagai bahan diskusi/kegiatan, guru dapat meminta siswa untuk mengerjakan tugas/kegiatan siswa yang ada dalam buku ajar Fokus).
Mengasosiasikan
1. Peserta didik menyusun hasil diskusi/laporan kegiatan yang berkaitan masa bercocok tanam dan masa perundagian.
2. Peserta didik menyimpulkan hasil diskusi/laporan kegiatan yang berkaitan dengan masa bercocok tanam dan masa perundagian sebagai bahan presentasi di depan kelas.
Mengomunikasikan
1. Peserta didik membuat laporan hasil diskusi/ kegiatan yang sudah dilakukan.
2. Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi/ kegiatan yang sudah dilakukan di depan kelas dan peserta didik dari kelompok lain memberikan tanggapan.
3. Guru memberikan penegasan terhadap hasil pembelajaran peserta didik.

Tuesday 19 July 2016

Perangkat Ekonomi SMA kelas X, XI, XII kurikulum 2013

Contoh isi perangkat :

1. Memahami permasala han ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia, kelangkaan dan sistem ekonomi
1.1. Mengidentifikasi kebutuhan manusia

  • Mendeskripsikan pengengertian kebutuhan.
  • Mengidentifikasi bermacam-macam kebutuhan manusia.

1.2. Mendeskripsikan ber- bagai sumber ekonomi yang langka dan kebu- tuhan manusia yang tidak terbatas

  • Mendeskripsikan pengertian kelangkaan
  • Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kelangkaan
  • Mengidentifikasi pengalokasian sumber daya yang mendatangkan manfaat bagi rakyat banyak.

1.1. Mengidentifikasi masa- lah pokok ekonomi, yaitu tentang apa, bagaimana dan untuk siapa barang diproduksi

  • Mengidentifikasi barang apa, bagai- mana cara mempro- duksi dan untuk siapa barang diproduksi.

1.2. Mengidentifikasi hilangnya kesempatan pada tenaga kerja bila melakukan produksi di bidang lain

  • Mendeskripsikan pengertian biaya peluang.
  • Menunjukan contoh biaya peluang pada kesempatan kerja bila melakukan produksi di bidang lain.

Perangkat Sosiologi SMA kelas X, XI, XII kurikulum 2013

Contoh isi :



Kompetensi Dasar
dan Indikator
Standar Kriteria Ketuntasan Minimal
Kriteria Penetapan Ketuntasan
Hasil KKM
Nilai KKM %
Kompleksitas
Daya Dukung
Intake
Pengetahuan
Sikap/Afektif
Jumlah
STANDAR KOMPETENSI
1.      Memahami perilaku keteraturan hidup sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat

        Menjelaskan fungsi sosiologi sebagai ilmu yang mengkaji hubungan masyarakat dan lingkungan

§  Mendifinisikan sosiologi sebagai ilmu dan metode







§  Mendiskripsikan hubungan berbagai konsep tentang realitas sosial 







§  Mengidentifikasi data tentang realita sosial masyarakat







        Mendiskripsikan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat

§  Menjelaskan niilai dan norma







§  Membedakan nilai dan norma







§  Menjelaskan peran nilai dan  norma dalam masyarakat







§  Mengklasifikasi kan kasus pelanggaran nilai dan norma yang  berlaku dalam masyarakat.







        Mendiskripsikan proses interaksi sosial sebagai dasar pengembangan pola keteraturan dan dinamika kehidupan sosial 

§  Mendifinisiikan interaksi sosial dan dinamika sosial







§  Menjelaskan faktor yang mendorong terjadinya interaksi sosial dan dinamika sosial.







§  Menghubungan antara interaksi sosial dan keteraturan  sosial.







Jumlah 3 KD


KKM ( SOSIOLOGI SK 1)



............., ............... 2008
Mengetahui
Kepala SMA/MA.............                                                                   Guru Mata Pelajaran




.........................................                                                                   ............................
NIP.                                                                                                    NIP.



Monday 18 July 2016

Kisi - kisi soal UKG 2016 untuk guru SD dan SMP

Untuk menghadapi Uji Kompetensi Guru 2016 guru diharapkan untuk dapat lebih menyiapkan diri dalm melaksanakan ujian dengan memahami soal - soal yang akan di ujikan dengan menelaah kisi - kisi nya.

Berikut kisi - kisi UKG yang dapat bapak ibu gunakan untuk menentukan starting point dalam lebih mendalami materi ujian agar dapat lulus dengan nilai memuaskan mengingat standar kelulusan UKG 2016 akan semakin tinggi dibanding tahun sebelumnya.


Silabus Ilmu pengetahuan alam SD kurikulum 2013 revisi 2016

Contoh :

Discovery dilakukan melalui pengamatan, klasifikasi, pengukuran, prediksi, penentuan dan merumuskan kesimpulan berdasarkan hasil pengamatan. 

Inquiry Based learning mengubah kondisi belajar yang pasif menjadi aktif dan kreatif, dari teacher centered  ke student centered. Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) menggunakan peristiwa atau permasalahan nyata dalam konteks peserta didik untuk belajar tentang berpikir kritis dan keterampilan memecahkan masalah, serta memperoleh pengetahuan   esensial dari Kompetensi Dasar. 

Dengan PBL, peserta didik mengembangkan keterampilan belajar sepanjang hayat termasuk kemampuan mendapatkan dan menggunakan sumber belajar. 

Silabus Seni Budaya dan Prakarya SD kurikulum 2013 revisi 2016

Contoh isi :

Kompetensi Sikap Spiritual dan Sikap Sosial, dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang  proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

Silabus SMA Kelas X,XI,XII K 13 Revisi 2016

Contoh Isi :

Kompetensi Setelah Mempelajari Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Pendidikan Dasar dan Menengah untuk ruang lingkup Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah:

·  Meyakini  dan mendukung dengan rasa tanggungjawab  persatuan dan kesatuan sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa; Menelaah dan mendemonstrasikan  dampak  persatuan dan kesatuan terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara.

·  Menghargai  dan mendukung konsep bela Negara dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia; Mendukung  konsep bela Negara dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia; Mengkreasikan  dan mendemonstrasikan konsep cinta tanah air/bela negara dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sunday 17 July 2016

Rpp geografi peminatan SMA / MA kurikulum 2013 kelas xi 11

A. KOMPETENSI INTI

1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.

2. Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan,gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan ingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

3. Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

Skripsi Manajemen pengaruh kinerja keuangan dan corporate social responsibility ( contoh )

Contoh isi :

1.1 Latar Belakang

Pada era globalisasi ini, kondisi perekonomian terus mengalami perkembangan, yang
ditunjukkan dengan semakin banyaknya perusahaan-perusahaan yang berdiri saat ini baik itu
yang berskala kecil maupun besar.

Sehingga dengan banyaknya perusahaan yang ada saat ini
tentu akan menimbulkan suatu persaingan bisnis antar masing-masing perusahaan. Hal ini
tentunya  akan  menjadikan  persaingan  antar  perusahaan  tentunya  akan  semakin  ketat.
Persaingan antar perusahaan saat ini tidak lagi hanya terfokus dalam penjualan atau menarik
perhatian konsumen saja, melainkan sudah menyebar ke berbagai sektor lainnya.

Oleh karena itu, perusahaan dalam menjalankan usahanya dituntut untuk selalu memberikan yang terbaik agar  dapat  menjaga  kelangsungan  hidup  perusahaan  sekaligus  untuk  mendatangkan
keuntungan bagi perusahaan tersebut.

4 Buku Tematik SD diriku kegemaranku kegiatanku keluargaku versi Doc

Buku Tematik versi Doc yang dapat digunakan untuk bapak ibu mengutip materi dalam pembuatan bahan ajar namun bukan untuk di jual.


Perangkat IPS SMP kelas VII, VIII, IX

I.                   Pendahuluan

Dalam rangka mengimplementasikan program pembelajaran yang sudah dituangkan di dalam silabus, guru harus menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). RPP merupakan pegangan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran baik di kelas, laboratorium, dan/atau lapangan untuk setiap Kompetensi dasar. Oleh karena itu, apa yang tertuang di dalam RPP memuat hal-hal yang langsung berkait dengan aktivitas pembelajaran dalam upaya pencapaian penguasaan suatu Kompetensi Dasar. 

Dalam menyusun RPP guru harus mencantumkan Standar Kompetensi yang memayungi  Kompetensi Dasar yang akan disusun dalam RPP-nya. Di dalam RPP secara rinci harus dimuat Tujuan Pembelajaran,Materi Pembelajaran, Metode Pembelajaran, Langkah-langkah Kegiatan pembelajaran, Sumber Belajar, dan Penilaian

Saturday 16 July 2016

Permendikbud No 18 Tahun 2016 tentang pengenalan lingkungan sekolah dan lampiran

Pasal 5

(1) Pengenalan  lingkungan  sekolah  dilakukan  dengan
memperhatikan hal sebagai berikut:
  • a. perencanaan   dan   penyelenggaraan   kegiatan hanya menjadi hak guru;
  • b. dilarang  melibatkan  siswa  senior (kakak  kelas) dan/atau alumni sebagai penyelenggara;
  • c. dilakukan di lingkungan sekolah kecuali sekolah tidak memiliki fasilitas yang memadai;
  • d. wajib melakukan kegiatan yang bersifat edukatif;
  • e. dilarang   bersifat   perpeloncoan   atau   tindak kekerasan lainnya;
  • f. wajib menggunakan seragam dan atribut resmi dari sekolah;
  • g. dilarang  memberikan  tugas  kepada  siswa  baru  berupa  kegiatan  maupun  penggunaan         atribut yang tidak relevan dengan aktivitas pembelajaran siswa; 
  • h. dapat  melibatkan  tenaga  kependidikan  yang  relevan  dengan  materi  kegiatan                       pengenalan lingkungan sekolah; dan 
  • i. dilarang  melakukan  pungutan  biaya  maupun bentuk pungutan lainnya.

Silabus Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS ) SD / MI kurikulum 2013

DAFTAR ISI :

I. PENDAHULUAN

A. Rasional
B. Kompetensi Setelah Mempelajari Ilmu Pengetahuan Sosial di Pendidikan Dasar dan Pendidikan          Menengah
C. Kompetensi Setelah Mempelajari Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar/Madrasah            
     Ibtidaiyah
D. Kerangka Pengembangan Kurikulum Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Dasar/Madrasah
     Ibtidaiyah
E. Pembelajaran dan Penilaian
F. Kontekstualisasi Pembelajaran Sesuai dengan Kondisi Lingkungan dan Peserta Didik

II. KOMPETENSI DASAR, MATERI PEMBELAJARAN, DAN KEGIATAN PEMBELAJARAN

A. Kelas IV
B. Kelas V
C. Kelas VI

Tema sentral pengembangan Kurikulum 2013 adalah naskah yang dapat menghasilkan insan Indonesia yang  produktif, kreatif, inovatif, melalui penguatan sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang terintegrasi.

Dalam rangka mewujudkan hal tersebut, maka proses pembelajaran pada satuan pendidikan harus diselenggarakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, dan memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang bagi tumbuhnya prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan potensi bakat, minat, dan perkembangan fisik, serta psikologis peserta didik.

Buku PPkn DOC kelas 7 SMP / MTs kurikulum 2013

Dapat digunakan sebagai referensi untuk menyunting dalam membuat media pembelajaran interaktif dengan format DOC dan dapat di copy.

Contoh isi :

Bagian 1

Petunjuk Umum
Buku Guru Kelas VII

A Maksud dan Tujuan Buku Guru
        Maksud dan tujuan disusunnya buku guru adalah sebagai berikut.
1.  Memfasilitasi para Guru PPKn dalam membangun persepsi dan sikap positif
terhadap  mata  pelajaran  PPKn  sesuai  dengan  ide,  regulasi,  karakteristik
psikologis-pedagogis, dan fungsinya dalam konteks sistem pendidikan nasional.
2.  Memahami secara utuh dan menyeluruh karakteristik PPKn Kurikulum 2013
sebagai landasan membangun pola sikap dan pola perilaku profesional sebagai
guru PPKn.

Perangkat Mengajar Fisika dan bahan ajar powerpoint SMA Kelas X, XI, XII

Fisika Merupakan Mapel Pelajaran termasuk dalam mata pelajaran pokok serta di ikutsertakan dalam Ujian Nasional, Mempelajari Fisika dapat membuat siswa menyadari akan keindahan serta keteraturan alam semesta. Tidak hanya itu, mapel Fisika juga menuntut siswa untuk bersikap objektif serta jujur, ulet dan mau bekerjasama dengan siswa lainnya.

Siswa dituntut untuk dapat merumuskan masalah serta mencari solusi dengan cara obyektif yang ilmiah, menguji hipotesis yang ada yang secara langsung melatih penalaran dan cara berfikir siswa.

Dalam mengembangkan kemampuan tersebut guru juga dituntut untuk terus belajar terlebih dengan semakin berkembangnya ilmu pengetahuan modern saat ini.

Friday 15 July 2016

Animasi dan bahan ajar Biologi SMA

Contoh Isi :

1.Crustacea
Entomostroca sebagai zooplankton untuk makanan ikan.
Malacostraca sebagai sumber protein hewani.
Sebagian hama, yuyu perusak padi, ketam kenari perusak kelapa.

2.Archinoidea
Predator serangga hama dan penyakit.
Penyakit yaitu caplak, kudis dan gatal.

3.Insecta
Penghasil madu ( lebah madu)
Penghasil benang sutra ( ulat sutra)
Predator hama membantu pengendalian populasi hama.
Parasitoid
Penguraian sampah.


Berikut adalah animasi dan bahan ajar yang terangkum dalam bentuk powerpoint maupun flash swf yang dapat bapak dan ibu gunakan dalam pembelajaran di sekolah masing - masing.

Thursday 14 July 2016

Bahan ajar Kimia powerpoint dan animasi kelas X XI XIII

Contoh isi :

Senyawa Ion
Sebutkan nama ion positif (kation) diikuti nama ion negatif (anion)
Contoh
NaCl  Na+  +Cl-
Na+ = Ion Natrium
Cl- = Ion Klorida
Nama = Natrium Klorida

Senyawa kovalen biner (tersusun dari dua unsur)

Sebutkan nama unsur yang didepan diberi awalan jumlah dalam bahasa sansekerta dan diikuti nama

Materi ragam gejala sosial sosiologi SMA kelas X

Contoh isi materi sosiologi Ragam Gejala Sosial

Kompetensi Dasar:
3.3   Menganalisis berbagai gejala sosial dengan menggunakan konsep-konsep dasar
Sosiologi untuk memahami hubungan sosial di masyarakat
4.3  Melakukan kajian, diskusi dan mengaitkan konsep-konsep dasar Sosiologi untuk
mengenali berbagai gejala sosial dalam memahami hubungan sosial di
masyarakat


Gejala sosial menjadi perhatian sosiologi, sebagaimana definisi sosiologi menurut Pitirim 

A.  Sorokin bahwa  Sosiologi  adalah  suatu  ilmu  yang  mempelajari  hubungan  dan 
pengaruh  timbal  balik  antara  aneka  macam  gejala  sosial.  Misalnya  antara  gejala 
ekonomi dengan agama, keluarga dengan moral, hukum dengan ekonomi, dan gerak masyarakat dengan politik, juga hubungan dan pengaruh timbal balik antara gejala sosial dengan gejala-gejala non-sosial. 

Wednesday 13 July 2016

Silabus Pendidikan agama dan budi pekerti SMP kelas 7 8 9 kur 2013

PENGEMBANGAN SILABUS

1. Pengertian
Silabus adalah Rencana Pembelajaran untuk satu mata pelajaran di kelas  atau satu tema tertentu yang terdiri atas beberapa materi pokok atau tema tertentu yang mencakup kompetensi inti, kompetensi dasar, materi pokok, pembelajaran, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar.

2. Fungsi Silabus
Silabus merupakan rancangan minimal pembelajaran yang dijadikan dasar bagi guru untuk mengembangkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang disesuaikan dengan kondisi sekolah, peserta didik, dan masyarakat yang dilayani oleh suatu satuan pendidikan

3. Landasan Pengembangan Silabus
Silabus dikembangkan dari Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) untuk setiap mata pelajaran atau tema

4. Format dan Komponen Silabus



Bahan ajar matematika SMP kelas 7 8 dan 9

BAB I BILANGAN BULAT dan BILANGAN PECAHAN


A. Bilangan Bulat

I. Pengertian

Bilangan bulat terdiri atas bilangan bulat positif atau bilangan asli, bilangan nol dan
bilangan bulat negatif.

Bilangan bulat digambarkan pada garis bilangan sbb:


-4 -3 -2 -1 0 1 2 3 4

bilangan bulat negatif bilangan nol    bilangan bulat positif

Bilangan bulat terdiri dari
- Bilangan bulat positif : { 1, 2, 3, 4, .....}
- Bilangan bulat negatif : {...., -4, -3, -2, -1}
- Bilangan nol : {0}

Di dalam bilangan bulat termuat bilangan-bilangan :

1. Bilangan Cacah à (0,1,2,3,4,...)
bilangan yang dimulai dari nol

2.Bilangan Asli à (1,2,3,4,...)
Bilangan yang dimulai dari 1
3.Bilangan Genap à (2,4,6,8,...)
Bilangan yang habis dibagi 2

4.Bilangan Ganjil à (1,3,5,7,...)
Bilangan yang tidak habis dibagi 2 (bersisa)

5.Bilangan Prima à (2,3,5,7,11,...)
Bilangan asli yang hanya habis dibagi oleh bilangan satu dan bilangannya sendiri